Tips & Trik

Gearbox: Mengenal Fungsi dan Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 13 Juli 2021

Gear Box

Termasuk bagaimana cara merawat gearbox agar fungsi gearbox bisa berjalan dengan lebih baik. Ada beberapa perawatan yang tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin komponen yang satu ini lebih awet. Mengingat jika rusak maka biayanya sangat besar. 

    1. Rutin Mengganti Oli Transmisi

Cara pertama adalah rutin mengganti oli transmisi jika kualitasnya sudah menurun. Bukan hanya motor matik saja yang perlu rutin diganti oli transmisinya, begitu juga dengan semua kendaraan yang menggunakan gearbox. 

Tanpa oli transmisi yang masih berkualitas baik, maka komponen yang terdapat dalam gearbox akan mudah rusak atau rontok. Karena setiap digunakan semua komponen di dalamnya akan mengalami gesekan. 

Gesekan yang terjadi membutuhkan pelumas yang berkualitas agar dapat berfungsi dengan baik. Cek selalu apakah oli transmisi perlu diganti ketika servis berkala. 

    2. Memilih Kualitas Oli yang Terbaik

Oli transmisi berbeda dengan oli mesin yang biasanya perlu diganti setiap kali servis. Penggantian oli transmisi dilakukan dengan mengecek kondisi oli sebelumnya apakah sudah tidak memiliki kualitas baik. 

Baca Juga : Jangan Lupa Isi Air Aki Karena Bisa Sebabkan Aki Meledak!

Selain itu penggunaan oli transmisi yang berkualitas akan mempengaruhi kinerja gearbox nantinya. Ada oli khusus yang perlu digunakan dan pastikan jumlahnya sudah benar. Hindari menggunakan oli bekas karena akan menciptakan masalah teknis ke depannya. 

    3. Membersihkan CVT

Khusus motor matik, kinerja gearbox erat hubungannya dengan komponen CVT. Perawatan tidak hanya dilakukan pada gearbox, tetapi juga memperhatikan ruang CVT. Pastikan ruang tersebut tetap bersih dan bebas kotoran atau debu. 

Dengan begitu komponen gearbox pada motor matik akan lebih awet dan bekerja secara optimal. Cobalah untuk meminta teknisi untuk mengecek kondisi ruang CVT jika perlu dibersihkan. 

Sudah paham bukan apa saja fungsi gearbox? Pastikan setiap kali Anda melakukan servis tanyakan kepada teknisi bagaimana kondisi gearbox, apakah terdapat masalah atau tidak. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya