Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

Karburator Mobil

Komponen ini merupakan saluran ventilasi yang menghubungkan udara luar dengan ruang pelampung. Fungsi dari air vent adalah supaya tekanan dalam ruang pelampung stabil sama seperti tekanan udara atmosfer. 

Ketika tekanannya stabil atau sama maka jumlah bensin yang dikeluarkan melalui venturi lebih ideal untuk pembakaran. 

    6. Venturi 

Sebuah komponen karburator yang bentuknya adalah lubang sempit pada tengah jalan masuk udara ke karburator. Fungsinya meningkatkan kecepatan udara karena perbedaan diameter pada lubang. 

Nantinya bensin dalam ruang pelampung dapat terhisap ke ruang bakar melalui pilot jet atau main jet. Naiknya bahan bakar karena adanya tekanan udara pada komponen venturi ini yang kurang dari 1 atm. 

fungsi_karburator_mobil

    7. Main Jet

Sebutan lainnya adalah main nozzle yang jadi saluran utama antara ruang pelampung dengan venturi. Bensin dengan volume ideal akan keluar melalui komponen ini. Ukuran diameternya telah disesuaikan dengan kapasitas mesin. 

Baca Juga : Sudah Tahu? Ternyata Ini Pengertian dan Fungsi Stang Seher

Tujuannya agar perbandingan bensin dan udara yang bercampur tetap stabil. Bentuknya seperti jarum dan mengerucut ke bagian bawahnya. Pada saat pedal gas ditekan maka jarum ini akan terangkat dan bahan bakar keluar dan bercampur dengan udara. 

    8. Slow Jet

Komponen karburator ini juga saluran bensin yang terhubung antara ruang pelampung ke intake manifold. Hanya saja fungsinya adalah untuk mengalirkan bensin ketika mobil dalam kondisi idle

Bensin juga akan dialirkan ke dalam idle jet yang letaknya setelah katup gas.  

    9. Idle Jet

Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan udara setelah disaring dari filter langsung ke intake manifold tanpa harus melalui katup gas. Perannya sendiri adalah untuk mengatur idle RPM pada mesin. 

    10. Economizer Jet

Fungsi dari economizer jet adalah agar bensin bisa bercampur dengan udara lebih baik atau homogen. Letaknya ada di tengah saluran idle dan hanya bekerja ketika mesin di kecepatan idle

    11. Katup Gas

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya