Tips & Trik

Mengenal Apa Itu Spul Motor dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/fungsi_spul_motor.jpg

Bagi kendaraan bermotor, energi listrik merupakan komponen penting. Apalagi mengingat energi listrik  merupakan sumber tenaga yang akan menggerakkan kendaraan bermotor tersebut. Energi listrik dari kendaraan bermotor dihasilkan oleh sebuah alat yang disebut dengan spul motor.

Dengan alat yang juga biasa disebut dengan kumparan tersebut, seluruh kebutuhan listrik dari kendaraan bermotor bisa terpenuhi. Oleh karena itu, bagi kendaraan bermotor, alat ini menjadi komponen penting untuk memasok kebutuhan listrik yang diperlukan.

Mengenal Sekilas Tentang Spul Motor

Pada intinya, spul dari kendaraan bermotor ini merupakan kumparan berupa lilitan kawat tembaga yang masing-masing memiliki inti batang karbon.  Jumlah lilitan dari kawat tembaga tersebut tidak sama antara satu spul dengan spul lainnya.

Baca Juga : Ada Kerak Jamur Berwarna Putih di Kepala Aki? Ini Solusinya

Jumlah lilitan kawat tembaga tersebut tidak bisa dihitung dengan sembarangan. Ini karena jumlah lilitan tersebut akan mempengaruhi besar kecilnya tegangan listrik yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah lilitan, maka akan semakin besar pula energi yang dihasilkan.

Oleh karena itu dalam pembuatannya, spul motor dibuat dengan sangat teliti. Ini mengingat jumlah lilitan dari kawat tembaga yang dibuat akan sangat mempengaruhi terhadap besar kecilnya arus induksi yang akan dihasilkan.

Apabila spul dibuat untuk kendaraan yang membutuhkan tenaga listrik yang besar, maka jumlah lilitan kawat tembaga juga semakin banyak. Sebaliknya apabila tenaga listrik yang dibutuhkan standar, maka jumlah lilitan kawat juga dalam jumlah standar.

Fungsi Spul Motor

Baca Juga : Mesin Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya

spul_motor

Apa sebenarnya fungsi spul motor? Mengapa alat ini menjadi sangat penting bagi kendaraan bermotor? Apa saja akibat yang ditimbulkan  apabila terjadi kerusakan pada alat tersebut? Di bawah ini akan diulas satu persatu secara lebih mendetail dan jelas.

Pada intinya, alat ini merupakan alat yang berfungsi sebagai penghasil sumber tenaga listrik. Dengan adanya alat ini, maka listrik yang dibutuhkan oleh komponen-komponen dalam sepeda motor seperti lampu, klakson, lampu sein dan lainnya bisa berfungsi.

Baca Juga : Intip, Ini Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram

Tenaga listrik yang dihasilkan berasal dari kumparan kawat tembaga yang terdapat dalam spul. Dari sini, akan dihasilkan aliran listrik yang biasanya masih berupa tegangan listrik bolak-balik. Agar bisa digunakan untuk menghasilkan tenaga, arus listrik harus diubah menjadi arus searah.

Tegangan listrik yang akan digunakan tersebut harus berupa arus searah agar bisa berfungsi. Di sini dibutuhkan sebuah alat berupa kiprok. Setelah arus listrik sudah dalam bentuk searah, maka arus listrik dialirkan menuju aki melalui kiprok tersebut.

Komponen Dalam Spul Motor

Spul motor sendiri memiliki komponen yang akan membantu menghasilkan sumber listrik. Komponen dalam alat ini berupa kumparan, yaitu lilitan dari dari kawat tembaga dengan jumlah yang ditentukan untuk menghasilkan arus listrik.

Melalui lilitan dari kawat tembaga tersebut, arus listrik dua arah dihasilkan. Jumlah lilitan kawat tersebut menentukan besar kecilnya tegangan listrik yang dihasilkan. Semakin banyak lilitan, maka semakin besar pula tegangan listrik yang dihasilkan.

Oleh karena itu, dalam pembuatannya, jumlah lilitan kawat tembaga sangat diperhatikan. Apabila membutuhkan arus listrik yang besar, maka jumlah lilitan kawat juga  semakin banyak. Demikian pula sebaliknya. Bila menginginkan arus kecil, maka jumlah lilitan kawat juga sedikit.

Arus listrik yang dihasilkan oleh kumparan kawat tersebut berupa arus listrik bolak balik (Alternating Current). Jenis arus ini tidak bisa menggerakkan mesin kendaraan, sehingga sebelum sampai di sana, arus diubah menjadi arus listrik searah  (DC).

Penyebab Kerusakan Spul Motor

Bekerja dengan tanpa henti, menyebabkan spul cepat sekali mengalami kerusakan. Terlebih mengingat banyak sekali komponen kendaraan yang membutuhkan tenaga listrik, maka alat ini semakin cepat menjadi aus dan rusak. Disini ada beberapa hal penyebab spul rusak, berikut diantaranya.

  • Pemakaian Kendaraan Terus Menerus

Yang pertama adalah karena pemakaian kendaraan yang tiada henti. Dengan penggunaan kendaraan secara terus menerus, otomatis spul juga bekerja secara terus menerus. Hal ini menjadi pemicu spul cepat menjadi rusak.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya