Tips & Trik

Solenoid Valve Mobil: Fungsi dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 29 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/valve.jpg

Solenoid valve adalah salah satu komponen yang terdapat pada mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic.

Bagian inilah yang membuat jenis transmisi pada mobil matic sangat praktis dan  mampu berjalan baik. Perpindahan gigi tidak perlu dilakukan karena hanya sekali menyentuh fiturnya mobil bisa berjalan.

Pemindahan gigi yang dilakukan yaitu dengan mengaktifkan transmisi solenoid. Selanjutnya oli pada transmisi solenoid akan menuju katup (valve) body untuk menggerakkan gigi. Berikut adalah ulasan seputar solenoid valve yang perlu Anda ketahui. 

Apa Itu Solenoid Valve?

Baca Juga : Apa Itu Oli Palsu?

Solenoid valve adalah sistem transmisi otomatis pada mobil. Shift interlock solenoid bisa memindahkan transmisi tanpa menginjak rem. Katup ini hanya ada di mobil yang bertransmisi otomatis. Fungsi utamanya adalah untuk mengoperasikan transmisi mobil dengan baik. 

Perpindahan transmisi tersebut disertai dengan pergerakan rem. Perpindahan dari gigi P (Park) ke gigi D (Drive) dan gigi R (Reserve). Lalu perpindahan gigi N (Neutral) ke gigi R (Reserve) dan gigi R (Reserve) ke gigi P (Park).

Saat pedal rem diinjak, katup solenoid akan menangkap sinyal. Sinyal tersebut akan melepaskan kunci mekanis pada transmisi, kemudian gigi dipindahkan. Katup solenoid banyak terdapat pada mobil-mobil terbaru bertransmisi otomatis. 

Baca Juga : Berapa Lama Cas Aki Mobil? Simak Penjelasannya

Solenoid-solenoid ini memiliki plunger spring loaded yang dibungkus oleh kawat atau kabel. Kabel akan menerima elektrik dari ECU/TCM, lalu plunyer spring bed terbuka. Pada saat inilah transmisi gigi-gigi otomatis berpindah dan membuat kendaraan bergerak. 

Fungsi-Fungsi Solenoid Valve

Fungsi solenoid valve sangat beragam. Adapun peran utama katup solenoid ini adalah sebagai pemindah gigi otomatis.

Jadi dengan sistem ini akan memudahkan pengendara untuk mengendalikan laju mobil. Mesin dengan sistem ini cocok untuk para pengendara pemula karena memiliki cara kerja yang sederhana.

Baca Juga : Sistem Suspensi Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Solenoid valve juga berperan untuk mengatur tekanan oli di katup body yang menjadi bagian ini terpasang. Oli akan merendam modul body dan juga solenoid valve tersebut. Pada satu modul body biasanya terdiri atas beberapa solenoid. 

Aliran listrik dari kabel di dalam katup menjadi penggerak utama katup solenoid tersebut. Clutch dan brake akan diaktifkan dan mengatur aliran tekanan oli. Hal tersebut berasal dari perintah TCM (Transmission Control Module) untuk menggerakkan solenoid. 

Fungsi katup solenoid yang terakhir yaitu untuk menghentikan penyerapan bahan bakar yang menuju idle port. Bahan bakar di dalamnya tidak akan keluar dari idle port sehingga tidak menimbulkan dieseling saat mesin kendaraan hidup atau terkunci kontak off.

valve_mobil

Cara Kerja Solenoid Valve

Cara kerja solenoid valve sangat unik dan tidak rumit. Saat menghidupkan mobil, mesin dan komputer akan menganalisis data dari engine speed sensor dan vehicle speed sensor

Kedua sensor mesin tersebut akan mengirim sinyal secara upshift atau downshift ke beberapa shift solenoid.

Mesin saat hidup atau posisi kontak ON akan menarik solenoid valve sehingga katup bisa terbuka. Lubang dari katup tersebut berguna untuk menyalurkan bahan bakar secara lancar dari low speed circuit lalu mengeluarkannya dari idle port

Saat mesin mobil mati atau posisi kontak OFF, maka akan sebaliknya. Katup solenoid akan menutup saluran bahan bakar. Dengan begitu bahan bakar tidak bisa keluar dari idle port. Mesin yang mati tersebut tidak akan mengalami dieseling sehingga awet disimpan dengan aman. 

Ciri-Ciri Solenoid Transmission Yang  Mengalami Kerusakan 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/106147010_s1.jpg

Apa Itu Oli Palsu?

Beredarnya oli palsu membuat pemilik kendaraan roda empat atau roda dua harus terus waspada. Khususnya bagi Anda yang tidak pernah mengecek kemasan oli dan hanya mempercayakan kepa...

selengkapnya