Tips & Trik

Solenoid Valve Mobil: Fungsi dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 29 September 2021

Valve

Solenoid valve yang rusak juga bisa dilihat dari kemampuan mobil yang berkurang, seperti kehilangan tenaga untuk melaju. Akselerasi mobil akan melemah saat Anda melewati jalanan yang menanjak, seperti perbukitan dan pegunungan pada kecepatan tertentu.

Bahkan kecepatan mobil juga menurun drastis. Hal ini menjadi tanda serius yang mengharuskan Anda untuk segera mengganti komponen yang baru. Kehilangan tenaga akan menyebabkan masalah yang berbahaya untuk kendaraan Anda nantinya. 

  • Bocornya Bagian Solenoid

Hilangnya tenaga atau berkurangnya fungsi solenoid valve juga bisa disebabkan oleh bagian dalam yang bocor, terutama saluran oli. Tanda ini bisa Anda kenali secara langsung dengan melihat oli yang merembes banyak keluar mesin. 

  • Aliran Listrik Tidak Tersambung

Tanda terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika solenoid rusak adalah tidak adanya aliran listrik yang menghubungkan semua komponen. Jika ada salah satu komponen yang tidak tersambung listrik maka komponen tersebut tidak akan berfungsi.

Jika fungsinya tidak berjalan, maka mesin juga tidak bisa beroperasi secara maksimal. Oleh karena itu lakukan pengecekan terhadap saluran listrik yang terhubung pada setiap komponen mesin.

Jika ada yang rusak, Anda bisa mengganti dengan kabel yang baru agar aliran listrik bisa mengalir dengan baik.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Baca Juga : Komponen Piston: Fungsi dan Cara Merawatnya

Saat kendaraan kesayangan Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, maka sesegera mungkin cari tahu penyebabnya. Lakukan servis di bengkel yang terpercaya. Untuk memperoleh perbaikan berkualitas, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Suzuki menyediakan banyak pelayanan terbaik mulai dari perbaikan, menyediakan spare part, dan konsultasi.

Selain membawanya ke bengkel saat mengalami kerusakan ringan hingga serius, hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan perawatan mobil secara berkala. 

Penjelasan mengenai solenoid valve, fungsi, cara kerja, dan gejala kerusakan bisa Anda jadikan ilmu tambahan jika ingin memahami kondisi mobil.

Pasalnya solenoid valve adalah komponen yang berpengaruh langsung terhadap akselerasi mobil yang Anda miliki.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya