Tips & Trik

Bukan Sekedar Aksesories, Ini Fungsi Utama High Mount Stop Lamp

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/29_Mei.jpg

Tidak sedikit pemilik mobil yang menganggap keberadaan high mount stop lamp cuma sebagai pemanis atau aksesories belaka. Padahal, fungsi dan tugas komponen yang satu itu tak bisa diremehkan. Apa fungsinya? Sebagai alat penunjang keselamatan berkendara.

Fitur yang satu ini bisa dikatakan sebagai alat komunikasi untuk kendaraan. High mount stop lamp akan memberikan respon pengereman kendaraan, sehingga bisa membantu mencegah terjadinya tabrakan dari belakang.

Anggapan hanya sebagai pemanis atau aksesori untuk high mount stop lamp itu harus segera dihilangkan. Bahkan di beberapa negara lain, fitur ini diwajibkan karena sudah terbukti bisa sangat membantu menekan angka kecelakaan dari belakang atau tabrak belakang.

Baca Juga : Intip, Ini Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram

Posisi high mount stop lamp atau biasa dikenal juga dengan nama thrid brake lamp yang dipasang di belakang atas mobil bukan tanpa maksud. High mount stop lamp dipasang dibelakang untuk memudahkan pengemudi lain melihat dari jauh. Khususnya untuk mobil yang posisi pengemudinya lebih tinggi.

Dengan begitu, ketika pengendara di depan melakukan pengereman, mobil yang posisinya ada di belakangnya sudah mendapat informasi atau melihat lebih dulu bahwa pengendara yang ada di depan menginjak rem. Secara otomatis, pengendara yang ada di belakang akan punya waktu respons pengereman yang lebih baik. Sehingga hal ini bisa menekan terjadinya kecelakaan atau tabrak dari belakang.

Kalau dilihat dari fungsi, seharusnya fitur yang satu ini sekarang sudah menjadi perangkat pengaman wajib pada setiap mobil. Terlebih erat hubungannya dengan masalah keselamatan ketika berkendara. Hal-hal seperti ini memang masih perlu diedukasi bagi konsumen dan pengguna mobil di negara kita tercinta. Mereka harus tahu mana yang hanya sekadar aksesories, mana yang punya manfaat.

Baca Juga : Banyak Yang Gak Tau, Ini Fungsi Noken As Motor

Dengan pemakaian fitur ini pada setiap mobil, pengendara akan menjadi lebih responsif untuk mengendalikan kendaraan ketika terjadi pengereman mendadak karena sudah diberi informasi oleh dari high mount stop lamp.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya