Tips & Trik

Bearing Roda Motor Rusak? Jangan Disepelekan!

PUBLISHED DATE : 07 Juni 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Bearing_Roda_Motor_Rusak.jpg

Meskipun ukurannya sangat kecil, bearing pada as roda memiliki fungsi yang sangat penting, terutama untuk membuat putaran roda lebih lancar dan stabil. Jika Anda pernah merasakan motor seperti goyang-goyang atau geal-geol, inilah salah satu indikasi bearing motor sudah oblak atau rusak.

Dalam kondisi ini, wajib untuk langsung mengganti bearing tersebut dengan yang baru. Agar kualitasnya terjamin, pastikan membeli produk original pabrikan sepeda motor Anda. Jangan khawatir, harga bearing tergolong murah kok, sekitar 20-30 ribuan saja!

Bagaimana kalau bearing yang rusak ini dibiarkan dulu?

Baca Juga : Aturan Mengencangkan Rantai Motor

Jangan pernah berani membiarkan bearing rusak tetap mengatur irama putaran ban motor Anda. Pasalnya, akibatnya sangat fatal. Selain menimbulkan ketidaknyamanan selama berkendara, memaksakan bearing rusak tetap bekerja pun bisa menyebabkan komponen lainnya ikut rusak.

Contohnya tromol. Komponen ini merupakan yang pertama kena imbas saat bearing rusak tetap dipakai. Saat motor melaju geal-geol, otomatis posisi roda dan tromol pun tidak akan pas. Nah, posisi yang tidak simetreis inilah yang akan merusak tromol dan terlihat bergelombang.

Selain itu, posisi ini pun akan membuat kampas rem tidak habis secara rata, atau malah jadi cepat aus karena tekanan yang tidak normal dari roda. Hal ini utamanya disebabkan karena bearing yang rusak menyebabkan kampas hanya menggigit satu bagian tromol saja.

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Wajib Anda Tahu Tentang AC Climate Control

Padahal harga untuk mengganti kerusakan tromol terbilang mahal lho. Di pasaran, rata-rata tromol dibanderol dengan harga 150-200 ribuan, tergantung merek dan motor yang digunakan. Selain itu, Anda pun masih tetap harus mengganti bearing, kampas dan komponen lainnya.

Selain tromol dan kampas, bearing yang rusak pun bisa menyebabkan komponen lainnya ikut rusak, misalnya saja gear yang kena imbas gara-gara jalan motor yang geal-geol, rantai ban, suspensi atau shockbreaker, dan bahkan mesin pun ikut kena getahnya.

Makanya, sebelum semua kerusakan itu terjadi dan membuat Anda kebobolan, sebaiknya segera kunjungi bengkel resmi Suzuki dan ganti bearing motor Anda dengan merek terbaik. Jangan lupa, cek juga kondisi sepeda motor Anda secara menyeluruh untuk menjamin performanya tetap maksimal.

Baca Juga : Kelebihan Headlamp Motor Memakai LED

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_306192254.jpg

Aturan Mengencangkan Rantai Motor

Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Karena itulah, banyak pengendara motor yang memutuskan untu...

selengkapnya