Tips & Trik

Fungsi Plat Kopling Mobil dan Komponen-komponennya

PUBLISHED DATE : 17 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/131914487_s.jpg

Plat kopling atau kampas kopling merupakan salah satu komponen penting pada mobil, terutama pada mobil manual.

Kebanyakan para pengendara mengetahui cara penggunaan kampas kopling pada mobil namun tidak mengetahui fungsinya.

Dengan mengetahui fungsi atau kegunaannya, kampas kopling dapat digunakan secara tepat.

Baca Juga : Ini Keunggulan Spesifikasi Keyless GSX-R150

Agar lebih jelas, berikut informasi lengkap plat kopling mobil mulai dari pengertian, fungsi, komponen, hingga tanda keausannya.

Pengertian Kampas Kopling

Plat kopling (clutch disc) atau juga disebut dengan kampas kopling merupakan salah satu komponen utama yang ada dalam kopling.

Baca Juga : Mengenal Jenis Wiper Mobil Dan Cara Merawatnya

Kampas kopling termasuk alat mekanis yang bekerja sama dengan unit clutch cover untuk melakukan penerusan putaran dari mesin ke transmisi.

Komponen kampas kopling dibuat dari perpaduan asbes dan serbuk logam yang memiliki ketahanan terhadap adanya gesekan dan kejutan. Dengan bentuk seperti piringan, kampas kopling termasuk komponen yang dapat mengalami penipisan sehingga perlu diganti segera mungkin jika terjadi aus.

Kampas kopling yang aus akan menyebabkan kopling selip dan harus segera diganti agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih fatal.

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Kopling selip akan menyebabkan kendaraan tidak bertenaga dan lebih boros bahan bakar. Selain itu, masih banyak kerusakan lain yang ditimbulkan.

Fungsi Kampas Kopling

Fungsi plat kopling yang utama pada mobil yaitu untuk memutus dan menyambungkan tenaga dari mesin ke bagian transmisi.

Kampas kopling bekerja dengan cara memutar input shaft pada transmisi. Sederhananya, plat kopling digunakan untuk menyambungkan dua poros yang sedang berputar. 

Peran kampas kopling sangat penting pada proses pemindahan daya yang terjadi pada mesin mobil.

Fungsi dari kampas kopling ini sangat dipengaruhi oleh adanya tenaga putar yang berasal dari mesin. Saat mesin berputar, komponen plat kopling juga berputar untuk meneruskan tenaga ke transmisi.

Selain itu, kampas kopling juga digunakan untuk meredam adanya hentakan dan getaran saat proses penyambungan dan pemutusan tenaga terjadi. Dengan kampas kopling, perpindahan transmisi akan terjadi secara halus dan mesin tidak tersengal.

Komponen Kampas Kopling

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya