Tips & Trik

Intip, Ini Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/145128172_s.jpg

Suzuki Indonesia merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang industri otomotif yang memproduksi serta memasarkan motor dan mobil. Setiap kendaraan yang ada pasti dilengkapi dengan rem. Salah satu tipe rem yang terkenal dan dipakai di beberapa kendaraan adalah tromol.

Rem yang tidak berfungsi dengan baik pasti dapat menimbulkan bahaya bagi penggunanya dan keamanan pengendara juga dapat terganggu. Saat ini, motor keluaran terbaru menggunakan rem cakram. Padahal terdapat kelebihan pada rem yang sekarang jarang dipakai itu.

Kelebihan Rem Cakram

Baca Juga : Apa Itu Gasket? Ketahui Fungsi dan Manfaatnya Disini

Rem ini merupakan sebuah perangkat pengereman yang telah banyak digunakan pada kendaraan modern. Cara kerja rem ini adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan. Caliper yang berfungsi untuk menjepit cakram yang digerakkan oleh piston.

Pada beberapa jenis kendaraan terdapat rem cakram ini, seperti sepeda motor, kereta api dan sepeda. Pada mobil balap bahan rem yang digunakan berasal dari keramik agar tahan terhadap panas yang ditimbulkan selama proses pengereman. Sehingga akan lebih aman saat digunakan pengendaranya.

Kelebihan rem ini adalah pengereman dapat terjadi secara maksimal karena daya yang dihasilkan bisa mencapai 100% dan seluruh pad bergesekan langsung. Keunggulan yang lainnya adalah sistem pengeremannya terbuka dan dibuat berongga, sehingga proses pendinginan lebih baik dari lainnya.

Baca Juga : Fungsi Ring Piston Motor Dan Tanda Kerusakannya

Kekurangan Rem Cakram

91673923_s

Rem ini juga mempunyai kekurangan jika dipasang pada kendaraan Anda. Kekurangannya antara lain adalah seringkali kaliper pada rem ini dipenuhi kotoran yang kemudian dapat mengeras. Ini membuat cakramnya dapat tergores. Hal ini karena rem menganut sistem terbuka pada kendaraan.

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi Filter Udara Mobil di Sini

Selanjutnya, kekurangan yang lain pada kendaraan dengan sistem rem ini adalah pada ongkos produksinya akan terbilang lebih mahal. Ongkos yang lebih mahal pasti memerlukan pengeluaran besar pula dalam perawatannya. Ini dimaksudkan agar rem dapat tetap berfungsi dengan baik.

Kekurangan berikutnya adalah rem ini mempunyai luas kampas lebih kecil dari yang lainnya. Ini membuat daya pengeremannya tidak sekuat tromol. Rem jenis cakram juga lebih cepat aus sebab metode penjepitannya membuat penekanan kampas menjadi besar, sehingga terjadi hal tersebut.

Rem menggunakan cakram memang memiliki beberapa kekurangan, namun kendaraan roda dua produk terbaru lebih banyak menggunakan rem ini.

Meskipun menggunakan rem ini, Anda akan tetap aman saat berkendara asal sesuai dengan aturan yang diberikan. Jika kondisi rem tidak baik, bawalah ke servis.

Kelebihan Rem Tromol

Rem tromol merupakan sistem pada kendaraan yang memanfaatkan metode gesekan antara kampas dengan komponen berbentuk mangkuk. Arah gesekan pada rem ini saling menjauhi, sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakkan di sisi luar dari dua kampas rem.

Kelebihan yang terdapat pada rem ini adalah memiliki kampas berukuran lebar, sehingga terlihat lebih kuat. Rem ini aman dari kotoran yang dapat menempel dari luar, sebab sistemnya bersifat tertutup. Jika menggunakan rem ini, akan terlihat lebih bersih dan tidak perlu berlebihan merawatnya.

Kemudian, kelebihan yang lain dari permukaan kampas  yang lebar adalah membuat daya pengeraman yang cukup kuat dan prosesnya lembut. Meski ada motor yang menggunakan rem jenis lama, jenis ini sangat cocok dipasang pada kendaraan berbobot besar, seperti mobil, truk, dan bus.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya