Tips & Trik

Ketahui Fungsi Evaporator AC Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 13 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_kerja_evaporator.jpg

Mobil diproduksi dengan dukungan berbagai komponen penting pendukung. Salah satu komponen penting ini adalah evaporator AC mobil yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Perawatan yang baik ini tentu bisa dilakukan dengan mengetahui seputarnya secara rinci. 

Tentu saja ada banyak informasi penting terkait komponen tersebut. Mulai dari fungsi evaporator, jenis-jenisnya, hingga cara kerjanya.

Kondisi AC mobil pun jadi lebih terjaga dan berkualitas berkat komponen ini. Untuk mengetahui info lengkapnya, simak ulasan berikut.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Karburator Banjir & Solusinya

Pada umumnya, fungsi evaporator AC mobil adalah menyerap udara panas yang ada di dalam kendaraan untuk kemudian dihembuskan menjadi udara dingin. Namun terdapat beberapa fungsi lainnya yang perlu diketahui terkait komponen ini, seperti daftar di bawah ini.

  1. Memastikan Kinerja AC

Fungsinya yang pertama adalah memastikan kinerja AC apakah sudah benar atau tidak. Biasanya hal ini bisa dilihat dari udara yang dikeluarkannya.

AC yang mengalami permasalahan biasanya tidak mengeluarkan hawa sejuk. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa evaporator tidak berjalan normal.

  1. Mengubah Freon

Baca Juga : Apa Itu Tensioner? Ini Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Evaporator AC mobil juga memiliki fungsi untuk mengubah freon yang ditampungnya menjadi udara yang dingin dalam bentuk uap.

Freon pun akan dipompa dan bisa sekaligus menentukan kecepatan AC dalam mendinginkan kendaraan. Bahkan suhunya mampu menyentuh hingga 100 derajat Celcius.

Pada suhu maksimum tersebut, maka freon pun juga bisa diarahkan menuju kondensor dan mencapai suhu 60 derajat Celcius menggunakan bantuan dari cooling fan yang ada. 

Baca Juga : Wajib Dicatat! Ini Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Kemudian, freon cair pun bisa berubah menjadi gas dan membawa hawa dingin pada kabin.

  1. Menyalurkan Sirkulasi

Sebagai penyalur udara dingin, maka evaporator juga berfungsi untuk menyalurkan sirkulasi udara.

Bahkan komponen ini bisa pula memfilter udara yang kotor menjadi bersih, agar bisa terhirup dengan aman oleh penggunanya. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan pada penumpang.

Biasanya evaporator yang kotor cenderung mengganggu proses penyaluran panas dari udara, sehingga aliran sirkulasi pun jadi terganggu. 

Hal ini akan membuat sistem pendingin pun jadi tidak optimal dan membuatnya terkesan bau. Maka dari itu, pastikan untuk selalu merawatnya dengan baik.

fungsi_evaporator_ac_mobil

Jenis Evaporator AC Mobil

Setelah mengetahui apa saja fungsinya, tentu saja Anda perlu mengenal lebih lanjut mengenai elemen satu ini. Terdapat beberapa jenis evaporator AC yang perlu diketahui. Berikut beberapa daftarnya.

  1. Plat Fin

Jenis satu ini hadir dengan bentuknya yang pipih dan berbahan logam. Apalagi dengan adanya FIN atau sirip yang dimilikinya, maka biasanya sudah tersusun sedemikian rupa agar tampak sejajar. Fungsinya memang sama dengan evaporator AC lainnya, hanya saja tampilannya lebih menarik.

  1. Serpentine

Selain Plat Fin, ada pula jenis evaporator AC mobil lainnya yaitu Serpentine. Bentuknya sedikit melengkung dan menyerupai huruf S, sedangkan bentuk tabungnya pipih seperti evaporator pada umumnya. 

  1. Drawn Cube
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya