Tips & Trik

Ketahui Fungsi Evaporator AC Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 13 April 2021

Cara Kerja Evaporator

Jenis satu ini hadir dengan bentuknya yang pipih dan berbahan logam. Apalagi dengan adanya FIN atau sirip yang dimilikinya, maka biasanya sudah tersusun sedemikian rupa agar tampak sejajar. Fungsinya memang sama dengan evaporator AC lainnya, hanya saja tampilannya lebih menarik.

  1. Serpentine

Selain Plat Fin, ada pula jenis evaporator AC mobil lainnya yaitu Serpentine. Bentuknya sedikit melengkung dan menyerupai huruf S, sedangkan bentuk tabungnya pipih seperti evaporator pada umumnya. 

  1. Drawn Cube

Terakhir adalah jenis evaporator AC Drawn Cube yang mudah ditemukan di mana-mana. Ini bisa dikatakan sebagai evaporator yang paling umum. Bentuknya memang hampir mirip dengan Plat Fin, namun sirip yang dimilikinya berbentuk lebih pipih dan berasal dari logam.

Disamping itu, bentuknya berlubang dan sangat bagus digunakan sebagai alat sirkulasi yang bisa menghembuskan udara dari blower secara mudah. Nantinya, udara yang dihasilkan pun jadi lebih dingin dan menyegarkan. 

Cara Kerja Evaporator

Tidak hanya mengetahui fungsi dan jenisnya, namun cara kerja evaporator perlu diketahui agar nantinya Anda mengerti apabila terjadi kesalahan di dalamnya. Lantas bagaimana cara kerjanya? Cara kerja komponen ini mengikuti bagaimana freon bekerja dalam sebuah sistem AC mobil.

Hal ini bisa diketahui apabila freon mengalami tekanan dan diturunkan melalui katup ekspansi, maka nantinya temperatur bisa turun hingga menyentuh di angka -30o C. 

Baca Juga : Mari Mengenal Fungsi Blok Silinder Mobil dan Komponennya

Setelah itulah, freon akan menyemprotkan udara ke dalam saluran evaporator, hingga membentuk butiran gas. 

Tidak sampai di situ, butiran gas tersebut akan menempel di dinding tup dan dihembuskan kembali melalui blower. Dari sinilah udara akan melewati sirip evaporator maupun saluran tube menjadi suhu dingin yang bisa dinikmati di dalam mobil. 

Bagaimana Cara Membersihkan Evaporator?

Selain mengetahui bagaimana cara kerjanya, sangat disarankan pula untuk mengerti bagaimana cara membersihkannya. Ini adalah bagian dari perawatan komponen tersebut. Berikut inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Gunakan Cairan Pembersih

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan cairan pembersih yang dikhususkan untuk evaporator. Tentu menggunakannya cukup aman dan tidak akan merusak komponen, sehingga membuatnya tetap awet. 

  1. Ambil Filter AC Mobil Baru

Jangan lupa mengganti filter AC untuk menghilangkan segala debu dan kotoran yang menempel pada komponen. Serta lakukan penyemprotan cairan pembersih dan pastikan pula blower masih terpasang dengan benar.

  1. Bersihkan Bagian Lain
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya