Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Komponen Mobil Yang Patut Diketahui

PUBLISHED DATE : 30 September 2020

34274606 S

Maka, untuk menghindari masalah-masalah tersebut, mobil membutuhkan komponen sistem pendingin untuk menjaga temperatur suhu kerja mesin. Proses pendinginan ini tidak terjadi saat mesin dalam keadaan dingin atau tidak beroperasi. Namun, sistem ini bekerja apabila mobil sedang beroperasi. 

Sistem pendingin ini terdiri dari berbagai komponen. Diantaranya adalah radiator, kipas radiator, pompa air atau water pump, tutup radiator, reservoir, thermostat, water jacket dan v-belt. Setiap komponen ini memiliki kegunaan masing-masing dalam sistem pendingin.

Karena fungsinya yang sangat penting ini, merawat sistem pendingin mobil adalah hal yang wajib. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan mengganti filter dengan rutin, mengisi cairan radiator dan mengecek kinerja AC mobil.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tempat memarkir mobil. Pasalnya sistem pendingin akan bekerja ekstra saat mobil Anda terparkir pada tempat yang banyak terkena sinar matahari. 

  • Ban dan Suspensi

    Ban dan suspensi menjadi komponen penting selanjutnya. Sebagus apapun mesin pada mobil, tentu tidak bisa dikendarai apabila tidak ada ban mobil. Komponen inilah yang dapat membuat mobil bisa berjalan ke tempat  tujuan.

    Ada banyak jenis ban yang  memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda, seperti  ban tubeless, ban bias, ban radial dan ban RTF. Agar perjalanan berkendara Anda menjadi lebih mulus, Anda wajib mengenali jenis-jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan.

    Baca Juga : Fungsi Expansion Valve : Komponen dan Cara Kerjanya

    Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan ban mobil dengan melakukan pemeriksaan kondisi ban secara teratur. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan tekanan angin, secara berkala menukar posisi ban dan memperhatikan muatan.

    Pasalnya, muatan pada mobil akan mempengaruhi tekanan pada ban. Jika mobil mengalami kelebihan muatan, maka dapat menimbulkan masalah, baik pada ban maupun pada komponen lainnya.

    Selain ban, komponen mesin mobil yang tidak kalah penting adalah suspensi, yang merupakan kaki pada mobil. Suspensi berpengaruh pada kenyaman Anda saat berkendara, karena berfungsi untuk meredam getaran dan guncangan .

    Suspensi juga berguna sebagai peredam kejut. Dengan adanya suspensi, pengendara tetap nyaman berkendara meskipun melewati jalanan yang berlubang.

    Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat suspensi mobil. Diantaranya adalah menghindari jalanan bergelombang, membersihkan suspensi dengan rutin dan rajin mengganti pelumas.

    Selain itu, jangan lupa untuk memastikan baut-baut suspensi terpasang dengan kencang. Apabila terdapat komponen yang bermasalah, maka jangan menunda untuk segera memperbaikinya. Anda juga perlu melakukan balancing dan spooring suspensi dengan rutin di bengkel resmi Suzuki terdekat.

  • Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

    Berita Lainnya

    Shutterstock 306192254

    Aturan Mengencangkan Rantai Motor

    Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Karena itulah, banyak pengendara motor yang memutuskan untu...

    selengkapnya