Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Komponen Mobil Yang Patut Diketahui

PUBLISHED DATE : 30 September 2020

34274606 S

Maka, karena fungsinya yang sangat vital ini, merawat aki mobil perlu untuk dilakukan. Bagaimana cara perawatannya?  Perawatan aki mobil dapat dilakukan dengan mengecek kondisinya secara rutin.

151768622_s

Pengecekan tersebut dapat Anda lakukan sebanyak satu kali dalam satu atau dua minggu. Perawatan aki dengan Low Maintenance dilakukan dengan menambahkan air aki hingga melewati batas levelnya.

Sementara itu, Anda hanya perlu memperhatikan garis indikator hijau atau biru pada aki Maintenance Free.  Selain memperhatikan banyaknya air aki isi ulang, Anda juga harus memperhatikan jenis air aki yang digunakan.  Tutup botol air aki Maintenance free memiliki arti sendiri.

Saat pertama kali dari pabrik, air aki diisi oleh H2SO4. Kemudian, selanjutnya diisi dengan aquades. Tutup botol berwarna merah digunakan untuk isi pertama kali. Sementara tutup botol berwarna biru digunakan untuk isi ulang.

Namun, bagaimana pengisian pada aki Maintenance Free? Tidak perlu melakukan pengisian dengan aquades. Aki hanya perlu di charge ketika indikatornya menunjukkan warna putih.  

  • Sistem Pendingin

    Baca Juga : Cara Kerja dan Fungsinya Power Steering di Mobil

    Komponen mobil selanjutnya yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya adalah sistem pendingin. Apa itu sistem pendingin? Sesuai dengan namanya, sistem pendingin merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan pendinginan setelah mobil digunakan.

    Ketika mobil digunakan untuk menempuh jarak dan kecepatan tertentu, mesin pada mobil akan menghasilkan panas. Temperatur mesin saat mobil beroperasi ini diatur oleh sistem pendingin.

    Mengapa sistem pendingin menjadi komponen yang penting bagi mobil? Seperti yang diketahui bahwa, komponen-komponen pada mobil didominasi oleh material alumunium atau besi. Material ini dapat memuai apabila berada pada suhu tertentu.

    Pada dasarnya, material tersebut tidak akan memuai jika mobil masih berada pada suhu mesin kerja. Namun, jika mesin bekerja di atas suhunya maka akan mengakibatkan munculnya berbagai masalah pada mobil.

    Masalah yang muncul akibat suhu mesin yang terlalu tinggi misalnya kepala silinder menjadi melengkung akibat pemuaian, komponen-komponen mobil menjadi berhimpit, tidak bisa bergerak dan rentan mengalami kerusakan.

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua
  • Berita Lainnya