Tips & Trik

Fungsi Washer Mobil : Komponen & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 18 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/68652002_s.jpg

Washer mobil adalah bagian dari wiper. Fungsinya secara umum untuk membantu kerja wiper dan membuatnya lebih ringan serta bersih.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari washer secara rinci dan apa saja komponen-komponennya? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi Washer Mobil

Secara garis besar, Washer berfungsi untuk membantu kinerja dari wiper. Washer memiliki fungsi untuk menyemprotkan cairan pembersih yang ada di dalam tangki guna membantu membersihkan kaca jika ada kotoran yang menempel. 

Baca Juga : Mengenal Jenis Cairan yang Dibutuhkan oleh Mobil

Jika ditanya letaknya, Washer ada di bagian kaca depan dan belakang. Pada kaca sendiri, biasanya, ada kotoran mengering yang tidak bisa dihapus hanya dengan wiper saja, dan disinilah fungsi dari washer yang sebenarnya. Dengan cairan pembersih dari Washer, maka kaca akan semakin bersih.

Cairan pembersih dari washer juga berfungsi untuk memperingan kerja wiper dan hasilnya juga lebih maksimal.

Pengoperasiaannya juga sangat mudah, hanya perlu menarik saklar wiper, washer ini sudah langsung otomatis mengikuti gerak wiper.

Komponen Washer Mobil

Baca Juga : Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik

Setelah mengetahui fungsi washer, Anda juga perlu mengenal apa saja komponen washer. 

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa komponen yang wajib Anda ketahui. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

  • Washer Tank

Pertama, ada Washer Tank yang berbentuk kotak dengan selang penghubung. Fungsi komponen ini adalah sebagai penampung fluida yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Tangki ini juga memiliki bentuk lain, tergantung dimana tangki tersebut diletakkan.

  • Motor Washer

Baca Juga : Ini Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil

Komponen selanjutnya adalah motor washer yang merupakan pintu dari perangkat ini. Bentuknya seperti selang berwarna hitam, menempel pada Washer tank. 

Fungsi bagian motor washer ini adalah untuk menggerakkan pompa, jadi motor washer akan memberikan dorongan pada fluida atau larutan pembersih dari washer tank.

Biasanya, tipe motor Washer memiliki bentuk wound motor juga ferrite magnet. Untuk lebih jelasnya wound motor adalah gaya magnet yang menggunakan kumparan coil.

Dalam mekanismenya, motor washer dapat menciptakan gaya elektromagnetik dengan gaya elektronik.

Disini, pompa yang digunakan pada motor washer ada beberapa tipe roda gigi atau gir. 

Yang pertama adalah tipe squeeze, dan ada juga tipe sentrifugal. Untuk jenis yang sering digunakan di washer mobil kebanyakan adalah pompa sentrifugal karena bagian-bagiannya memiliki singgungan yang sangat kecil

  • Nozzle

Nozzle merupakan bagian yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan guna membersihkan kaca mobil.

Biasanya nozzle ini terbuat dari pipa tembaga, kemudian alumunium ataupun resin dengan satu buah lubang.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya