Tips & Trik

Intip, Ini Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

PUBLISHED DATE : 06 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/18__ERTiGA.jpg

Radiator adalah sistem pendingin pada mobil yang berperan penting. Tanpa radiator mesin akan mudah mengalami overheat. Kipas radiator adalah salah satu komponen pada sistem pendingin ini yang kerap kali mati. 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang mati pun tidak harus langsung dibawa ke bengkel. Sebelumnya Anda bisa melakukan pengecekan sumber penyebab kipas mati baru memperbaikinya. 

Seperti apa cara memperbaikinya dan apa saja yang menyebabkan kipas radiator mati bisa Anda simak di sini. 

Baca Juga : Catat, Ini Ciri-ciri Shockbreaker Mobil Rusak & Solusinya

Macam Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

Fungsi utama kipas radiator adalah untuk membuang suhu panas dari mesin mobil. Masalah bisa terjadi kapan saja pada komponen ini terutama jika usia kipas sudah terlalu tua. 

Sekali kipas mati Anda harus segera memperbaikinya sehingga suhu panas dari mesin bisa segera dibuang. Ada beberapa macam cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang bisa Anda lakukan sebagai berikut ini. 

  • Memperbaiki Kinerja Relay Motor Fan 

Baca Juga : Mau Kaca Helm Tidak Buram? Begini Cara Merawatnya

Pengecekan jadi kegiatan penting untuk mengetahui kondisi dari kipas radiator. Pada saat Anda mengecek, lihatlah bagian relay yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik sesuai perintah ECU. 

Jadi apabila ECU memerintahkan kipas berputar maka aliran listrik akan mengalir ke relay tersebut. Begitu juga sebaliknya ketika kipas diperintahkan untuk berhenti maka relay akan memutuskan aliran listrik. 

Pemeriksaan relay ini bisa dilakukan dengan alat Avometer atau bisa juga dengan menukar relay dari mesin mobil lainnya. Apabila relay ternyata masih bekerja maka masalahnya ada di bagian lain. 

Baca Juga : Yuk Mengenal Komponen AC Mobil dan Fungsinya

Beda lagi jik relay yang dicoba ternyata tidak berputar artinya Anda harus segera menggantinya. Baru nyalakan kipas radiator, maka akan langsung berputar. 

  • Memberikan dengan Arus Listrik dari Aki 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator juga bisa dengan arus listrik. Anda bisa memasang kabel langsung ke motor kipas. Bisa juga dengan jumper soket kaki relay kipas radiator ke fuse box. 

Tes arus listrik ini akan memperlihatkan Anda bahwa motor kipas masih menyala ketika dialiri listrik. Anda bisa tahu atau tidaknya kipas radiator tentu saja dengan berputar. 

Apabila kipas menyala maka tidak ada masalah pada rangkaian listrik. Bisa jadi masalahnya pada aki mobil yang ternyata sudah soak sehingga tidak bisa menyalakan kipas radiator. 

  • Memperbaiki Sekring Kipas Radiator 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator selanjutnya bisa berasal dari bagian sekring. Komponen ini berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus. Apabila terjadi korsleting maka sekring akan putus terlebih dahulu. 

Nah, sekring yang rusak tidak dapat menyalakan kipas radiator secara sempurna. Jadi sebaiknya cek apakah benar sumber kerusakan terdapat pada sekring. Apabila benar segeralah ganti sekring yang baru. 

  • Memperbaiki Fisik Motor dan Kipas Radiator 

Kerusakan yang cukup kasat mata ada pada bagian fisik. Khusus kipas radiator ada dua hal yang harus dicek yaitu mesin atau juga kipas radiatornya. Akibat panas yang tidak bisa diturunkan maka kipas ini bisa cepat meleleh. 

Khususnya jika Anda menggunakan kipas radiator bukan dari suku cadang resmi. Ketika bagian kipas ini ada yang meleleh, patah atau retak saja akan menciptakan bunyi dari kap mesin. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya