Tips & Trik

Intip, Ini Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

PUBLISHED DATE : 06 Februari 2022

18  ERTiGA

Sekali kipas mati Anda harus segera memperbaikinya sehingga suhu panas dari mesin bisa segera dibuang. Ada beberapa macam cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang bisa Anda lakukan sebagai berikut ini. 

  • Memperbaiki Kinerja Relay Motor Fan 

Pengecekan jadi kegiatan penting untuk mengetahui kondisi dari kipas radiator. Pada saat Anda mengecek, lihatlah bagian relay yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik sesuai perintah ECU. 

Jadi apabila ECU memerintahkan kipas berputar maka aliran listrik akan mengalir ke relay tersebut. Begitu juga sebaliknya ketika kipas diperintahkan untuk berhenti maka relay akan memutuskan aliran listrik. 

Pemeriksaan relay ini bisa dilakukan dengan alat Avometer atau bisa juga dengan menukar relay dari mesin mobil lainnya. Apabila relay ternyata masih bekerja maka masalahnya ada di bagian lain. 

Beda lagi jik relay yang dicoba ternyata tidak berputar artinya Anda harus segera menggantinya. Baru nyalakan kipas radiator, maka akan langsung berputar. 

  • Memberikan dengan Arus Listrik dari Aki 

Baca Juga : Mau Aki Basah Awet? Begini Tipsnya!

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator juga bisa dengan arus listrik. Anda bisa memasang kabel langsung ke motor kipas. Bisa juga dengan jumper soket kaki relay kipas radiator ke fuse box. 

Tes arus listrik ini akan memperlihatkan Anda bahwa motor kipas masih menyala ketika dialiri listrik. Anda bisa tahu atau tidaknya kipas radiator tentu saja dengan berputar. 

Apabila kipas menyala maka tidak ada masalah pada rangkaian listrik. Bisa jadi masalahnya pada aki mobil yang ternyata sudah soak sehingga tidak bisa menyalakan kipas radiator. 

  • Memperbaiki Sekring Kipas Radiator 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator selanjutnya bisa berasal dari bagian sekring. Komponen ini berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus. Apabila terjadi korsleting maka sekring akan putus terlebih dahulu. 

Nah, sekring yang rusak tidak dapat menyalakan kipas radiator secara sempurna. Jadi sebaiknya cek apakah benar sumber kerusakan terdapat pada sekring. Apabila benar segeralah ganti sekring yang baru. 

  • Memperbaiki Fisik Motor dan Kipas Radiator 
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya