Tips & Trik

Intip, Ini Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

PUBLISHED DATE : 06 Februari 2022

18  ERTiGA

Radiator adalah sistem pendingin pada mobil yang berperan penting. Tanpa radiator mesin akan mudah mengalami overheat. Kipas radiator adalah salah satu komponen pada sistem pendingin ini yang kerap kali mati. 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang mati pun tidak harus langsung dibawa ke bengkel. Sebelumnya Anda bisa melakukan pengecekan sumber penyebab kipas mati baru memperbaikinya. 

Seperti apa cara memperbaikinya dan apa saja yang menyebabkan kipas radiator mati bisa Anda simak di sini. 

Macam Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

Fungsi utama kipas radiator adalah untuk membuang suhu panas dari mesin mobil. Masalah bisa terjadi kapan saja pada komponen ini terutama jika usia kipas sudah terlalu tua. 

Sekali kipas mati Anda harus segera memperbaikinya sehingga suhu panas dari mesin bisa segera dibuang. Ada beberapa macam cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang bisa Anda lakukan sebagai berikut ini. 

  • Memperbaiki Kinerja Relay Motor Fan 

Pengecekan jadi kegiatan penting untuk mengetahui kondisi dari kipas radiator. Pada saat Anda mengecek, lihatlah bagian relay yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik sesuai perintah ECU. 

Jadi apabila ECU memerintahkan kipas berputar maka aliran listrik akan mengalir ke relay tersebut. Begitu juga sebaliknya ketika kipas diperintahkan untuk berhenti maka relay akan memutuskan aliran listrik. 

Baca Juga : Mari Mengenal Warna dan Fungsi Sekring Mobil

Pemeriksaan relay ini bisa dilakukan dengan alat Avometer atau bisa juga dengan menukar relay dari mesin mobil lainnya. Apabila relay ternyata masih bekerja maka masalahnya ada di bagian lain. 

Beda lagi jik relay yang dicoba ternyata tidak berputar artinya Anda harus segera menggantinya. Baru nyalakan kipas radiator, maka akan langsung berputar. 

  • Memberikan dengan Arus Listrik dari Aki 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator juga bisa dengan arus listrik. Anda bisa memasang kabel langsung ke motor kipas. Bisa juga dengan jumper soket kaki relay kipas radiator ke fuse box. 

Tes arus listrik ini akan memperlihatkan Anda bahwa motor kipas masih menyala ketika dialiri listrik. Anda bisa tahu atau tidaknya kipas radiator tentu saja dengan berputar. 

Apabila kipas menyala maka tidak ada masalah pada rangkaian listrik. Bisa jadi masalahnya pada aki mobil yang ternyata sudah soak sehingga tidak bisa menyalakan kipas radiator. 

  • Memperbaiki Sekring Kipas Radiator 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator selanjutnya bisa berasal dari bagian sekring. Komponen ini berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus. Apabila terjadi korsleting maka sekring akan putus terlebih dahulu. 

Nah, sekring yang rusak tidak dapat menyalakan kipas radiator secara sempurna. Jadi sebaiknya cek apakah benar sumber kerusakan terdapat pada sekring. Apabila benar segeralah ganti sekring yang baru. 

  • Memperbaiki Fisik Motor dan Kipas Radiator 

Kerusakan yang cukup kasat mata ada pada bagian fisik. Khusus kipas radiator ada dua hal yang harus dicek yaitu mesin atau juga kipas radiatornya. Akibat panas yang tidak bisa diturunkan maka kipas ini bisa cepat meleleh. 

Khususnya jika Anda menggunakan kipas radiator bukan dari suku cadang resmi. Ketika bagian kipas ini ada yang meleleh, patah atau retak saja akan menciptakan bunyi dari kap mesin. 

Jadi jika Anda mendengarkan bunyi ini, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kipas radiator. Pastikan setelah diganti yang baru, putaran kipas tidak terasa berat dan tampak normal. 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator ini sebagian besar adalah mengganti komponen yang rusak. Karena pada sistem ini material yang digunakan rentan rusak sehingga Anda harus rutin menggantinya. 

  • Mengganti Carbon Brush Kipas Radiator 

Perbaikan selanjutnya adalah dengan mengecek terlebih dahulu carbon brush pada kipas radiator. Carbon brush ini berada di dalam mesin kipas yang fungsinya penting untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor diam ke motor bergerak. 

Penggantiannya bisa dilakukan sendiri di rumah asalkan Anda berpengalaman. Cara mengecek apakah carbon brush ini rusak adalah ketika ekstra fan masih hidup tetapi kipas radiator mati. 

Caranya adalah melepaskan kipas dari motornya kemudian apabila carbon brush sudah habis maka Anda bisa langsung menggantinya. Solder seluruh serabut ke kabel plus dan minus dan jangan sampai terbalik. 

Ciri lainnya ketika carbon brush ini sudah habis biasanya adalah kipas sering berputar atau tidak. Jadi Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. 

Penyebab Kipas Radiator Mudah Mati 

61123691_s(1)

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator memang tidak terlalu sulit karena Anda bisa mengganti langsung komponen yang rusak. Hal ini jugalah yang memudahkan Anda untuk mendeteksi manakah komponen yang harus dicek pertama kali. 

Baca Juga : Penyebab Sokbreker Depan Motor Rawan Bocor Saat Musim Hujan

Supaya tidak salah dalam memperbaiki, berikut ini beberapa penyebab kerusakan pada kipas radiator yang perlu diwaspadai. 

  • Adanya Komponen yang Putus 

Penggantian atau penyambungan perlu dilakukan ketika ada komponen kipas radiator yang putus. Hal ini sangat sering terjadi mengingat kipas akan selalu bekerja ketika Anda berkendara. 

Semakin sering Anda mengendarai mobil khususnya di jalanan jelek maka mudah sekali komponen putus. Ada tiga macam komponen yang bisa saja putus. Pertama adalah drive belt radiator. 

Drive belt ini seharusnya kering dan akan bekerja memutar kipas. Namun seringkali oli memercik ke bagian ini sehingga kerusakan pun terjadi perlahan. Selain oli, panas dari belt bisa membuatnya lebih cepat getas dan akhirnya putus. 

Kedua adalah kabel kipas radiator yang bisa disebabkan karena tikus menggerogoti kabel dan harus segera disambungkan. Ketiga adalah putusnya sekring kipas radiator. Sekring ini biasanya terputus karena adanya arus listrik yang tidak stabil. 

  • Motor Kipas Radiator yang Sudah Tidak Berfungsi 

Penyebab selanjutnya adalah karena pada bagian motor kipas radiator sudah rusak sehingga tidak dapat bekerja kembali. Motor kipas radiator yang rusak biasanya tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru. 

Harga motor kipas radiator sendiri sangat bervariasi tergantung dengan kualitasnya, namun disarankan untuk menggunakan motor kipas radiator asli pabrikan dari pabrikan mobil. 

  • Pemasangan Soket yang Tidak Kencang 

Terakhir adalah karena soket kipas yang putus atau kurang kencang sehingga Anda harus memperbaikinya. Usia soket yang sudah terlalu tua juga bisa jadi penyebabnya sehingga Anda harus menggantinya. 

Tidak perlu menunda memperbaiki kipas radiator jika Anda sudah mengetahui bahwa kipas mati. Daripada memperbaiki sendiri sebaiknya bawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar langsung ditangani teknisi handal. 

Berikut ini beberapa cabang bengkel resmi Suzuki yang bisa Anda datangi. 

  1. Sejahtera Sumberbaru Trada di Jakarta Timur -suzukidealerkalimalang.id
  2. Sejahtera Armada Trada di Depok - suzukimargondadepok.co.id
  3. Sumber Baru Aneka Mobil di Jakarta - suzukisbam.co.id
  4. Duta Cendana Adimandiri di Jawa Barat - suzukidutacendana.co.id
  5. Dwiperkasa Mobiltama di Jawa Barat - suzukidwiperkasa.co.id
  6. Armada Perkasa Mobilindo Jakarta Selatan - suzukiarmada.co.id
  7. Handijaya Buana Trada Jakarta Utara - suzukigunungsahari.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada Jabeidetabek - suzukitrada.co.id
  9. Indomobil Multi Trada Jakarta Selatan - indomobilsuzukidealer.co.id 
  10. Sun Motor Jakarta Banten - suzukisunmotor.com
  11. Citra Asri Buana di Jawa Barat - suzukidealercab.co.id
  12. Trimitra Sejahtera Mobilindo Jawa Barat - suzukitrimitra.co.id
  13. Pusaka Motor Utama Jawa Barat - suzukipusaka.co.id
  14. Restu Mahkota Karya - suzukimahkota.co.id
  15. Armada Banda Jaya di Aceh - suzukiaceh.co.id
  16. Arista Sukses Abadi - Medan - suzukiarista.com
  17. Trans Sumatra Andalan di Sumatera Utara - tsasuzuki.com
  18. Rodamas Makmur Motor di Batam - suzukimobilbatam.co.id
  19. Arista Sukses Abadi - TP - suzukipinang.com
  20. Sejahtera Buana Trada - Riau - suzukimobilriau.co.id 
  21. Elang Perkasa Motor di Sumatera Barat - suzukiepmsumbar.co.id
  22. Jaya Indah Motor di Jambi - suzukijambi.co.id
  23. Kangaroo Motor Mandiri di Bengkulu - suzukibengkulu.co.id
  24. Nusa Sarana Citra Bakti di Sumatera Selatan- suzukithamrin.co.id
  25. Jagorawi Motor d Bangka Belitung - suzukijagorawi.co.id
  26. Persada Lampungraya di Lampung - suzukilampung.co.id

Berita Lainnya