Tips & Trik

Intip, Ini Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

PUBLISHED DATE : 06 Februari 2022

18  ERTiGA

Kerusakan yang cukup kasat mata ada pada bagian fisik. Khusus kipas radiator ada dua hal yang harus dicek yaitu mesin atau juga kipas radiatornya. Akibat panas yang tidak bisa diturunkan maka kipas ini bisa cepat meleleh. 

Khususnya jika Anda menggunakan kipas radiator bukan dari suku cadang resmi. Ketika bagian kipas ini ada yang meleleh, patah atau retak saja akan menciptakan bunyi dari kap mesin. 

Jadi jika Anda mendengarkan bunyi ini, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kipas radiator. Pastikan setelah diganti yang baru, putaran kipas tidak terasa berat dan tampak normal. 

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator ini sebagian besar adalah mengganti komponen yang rusak. Karena pada sistem ini material yang digunakan rentan rusak sehingga Anda harus rutin menggantinya. 

  • Mengganti Carbon Brush Kipas Radiator 

Perbaikan selanjutnya adalah dengan mengecek terlebih dahulu carbon brush pada kipas radiator. Carbon brush ini berada di dalam mesin kipas yang fungsinya penting untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor diam ke motor bergerak. 

Baca Juga : Ada Banyak, Ini Jenis- Jenis Ban Motor Serta Fungsinya

Penggantiannya bisa dilakukan sendiri di rumah asalkan Anda berpengalaman. Cara mengecek apakah carbon brush ini rusak adalah ketika ekstra fan masih hidup tetapi kipas radiator mati. 

Caranya adalah melepaskan kipas dari motornya kemudian apabila carbon brush sudah habis maka Anda bisa langsung menggantinya. Solder seluruh serabut ke kabel plus dan minus dan jangan sampai terbalik. 

Ciri lainnya ketika carbon brush ini sudah habis biasanya adalah kipas sering berputar atau tidak. Jadi Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. 

Penyebab Kipas Radiator Mudah Mati 

61123691_s(1)

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya