Tips & Trik

Mengenal Ring Piston Mobil dan Pertanda Ada Masalah

PUBLISHED DATE : 10 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/128038739_s.jpg

Setiap mobil selalu memiliki komponen slow moving dan fast moving. Khusus komponen slow moving, ring piston mobil bisa jadi contoh utamanya. Mengingat penggunaannya yang slow moving bukan berarti tidak dicek atau diganti. 

Ring piston tetap harus diganti ketika sudah tidak bisa bekerja kembali sebagaimana mestinya. Anda yang masing belum paham tentang ring piston bisa mengecek dari pengertian sampai dengan tanda apa saja jika mengalami kerusakan. 

Apa Itu Ring Piston Mobil dan Fungsinya 

Baca Juga : Engine Mounting: Fungsi, Jenis, dan Tanda Kerusakannya

Sesuai dengan namanya, benda ini berbentuk bulat mirip dengan cincin yang letaknya ada di dinding piston. Ring inilah yang menjadi tolak ukur ketika mobil mengalami masalah atau tidak. 

Ada tiga bagian dari ring piston yaitu bagian atas sendiri adalah ring kompresi dan bagian tengah adalah ring kompresi dua. Pada bagian bawah sendiri disebut dengan ring oli. 

Fungsi dari ring piston mobil satu dan kedua adalah untuk menjaga agar kompresi mobil mampu menghasilkan daya ledak. Sedangkan pada ring oli fungsinya adalah agar badan piston tetap terlumasi dengan benar agar tidak ikut naik juga ke ruang bakar. 

Baca Juga : Jarang Yang Tahu, Fungsi Ecu Motor Pada Kendaraan Injeksi

Posisinya yang cukup krusial pada mobil membuatnya memiliki fungsi sangat penting lainnya. 

Apa saja fungsi dari ring piston mobil, bisa Anda simak di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________

  • Menjaga Kinerja Kompresi Mesin 

Baca Juga : Tidak Sulit, Begini Cara Simple Merawat Aki Mobil

Mesin mobil saat ini menerapkan teknologi yang cukup kompleks. Demi kinerja yang berkualitas dibutuhkan ring piston yang bekerja dengan baik. Tujuannya agar kompresi pada mesin bisa tercipta dengan optimal. 

  • Menghindari Terjadinya Kebocoran Kompresi 

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi. Ring piston memiliki seal yang dibutuhkan oleh mesin. Sehingga pada saat terjadi proses kompresi terhindar dari masalah kebocoran. 

Biasanya jika tekanan kompresi di ruang bakar sangat tinggi dan ring piston bermasalah maka kebocoran tidak dapat dihindari. Oleh karena itu jaga terus kualitas ring piston ini. 

  •  Menghindari Oli Masuk ke Ruang Bakar

Bukan hanya menghindari kebocoran saat kompresi berlangsung tetapi juga mencegah oli mengalir ke dalam ruang bakar. Jika oli masuk ke ruang bakar bisa sangat berbahaya dan menimbulkan kerak. 

Masuknya oli ke dalam ruang bakar ini bisa dicegah dengan menjaga kebersihan mesin dari awal. Selain itu penggunaan ring piston yang masih berkualitas baik juga jadi penentu utamanya. 

Cek juga dua fungsi lainnya dari ring piston di halaman berikutnya.

_____________________________________________________________________________________________

  • Membantu Mengurangi Gesekan pada Dinding Silinder 

Ring piston juga berfungsi untuk mengurangi terciptanya gesekan berlebih pada dinding silinder. Mesin selalu bekerja dengan menimbulkan gesekan dan memanfaatkan oli agar gesekan yang terjadi lebih lancar. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya