Tips & Trik

Mengenal Ring Piston Mobil dan Pertanda Ada Masalah

PUBLISHED DATE : 10 Maret 2022

128038739 S

Supaya gesekan yang terjadi tidak merusak antar komponen maka dibutuhkan pelumas dan juga ring piston. Penggunaan kedua hal ini dapat membuat kondisi mesin tetap berjalan dengan baik. 

  • Penyaluran Panas dengan Tepat 

Gesekan yang terjadi antar mesin akan menimbulkan energi panas yang ternyata juga harus disalurkan dengan merata. Sebagai contoh, ring piston ini akan bekerja menyalurkan energi panas ke bagian dinding silinder agar tidak terlalu dingin. 

Kondisi dinding silinder yang panas ini justru bisa membuat kinerja mesin bebas dari masalah. 

Tanda-Tanda Ring Piston Mengalami Masalah

152567937_s

Dilihat dari semua fungsinya, ring piston mobil memiliki peranan yang tidak sedikit. Anda perlu menjaga komponen ini berfungsi dengan baik. Mengenali tanda-tanda kerusakannya jadi sangat penting untuk tahu bagaimana penanganan perbaikannya. 

Apa saja tanda-tanda yang bisa diamati ketika ring piston mengalami masalah, cek di halaman selanjutnya. 

Baca Juga : Tips Merawat Kunci Kontak Motor Agar Awet

______________________________________________________________________________________________

  • Asap Putih Keluar dari Knalpot 

Tanda kerusakan yang pertama bisa dilihat dari keluarnya asap putih dari knalpot mobil. Asap ini merupakan hasil pembakaran oli yang terjadi di dalam ruang bakar. 

Asap putih yang tipis dan sedikit kebiruan akan terlihat pada knalpot ketika Anda menekan pedal gas. Apabila hal ini yang terjadi maka sudah pasti bahwa ring piston sedang mengalami keausan. 

  • Oli Mesin Jadi Lebih Boros 

Ring piston yang bekerja dengan baik bisa mencegah terjadinya kebocoran oli. Namun jika ring piston sudah memburuk kualitasnya maka oli pun bisa jadi lebih boros. 

Penyebab utamanya adalah kebocoran yang membuat oli cepat masuk ke dalam ruang bakar saat piston bergerak. Gerakan tersebut yang membuat oli naik ke ruang bakar. 

  • Terdengar Suara Mesin yang Lebih Kasar 

Ciri kerusakan ring piston mobil selanjutnya bisa diamati dari segi suara. Mobil yang tidak mengalami masalah akan mengeluarkan suara yang halus. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya