Tips & Trik

Lupa Mengganti Oli Mobil? Risiko Ini yang Harus Anda Tanggung

PUBLISHED DATE : 10 Juni 2019

Shutterstock 678073612

Oli mesin punya jangka waktu dan umumnya ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin bekerja, dan seberapa sering kendaraan dipakai. Jika Anda telat mengganti oli mobil atau malah tidak menggantinya sama sekali, oli justru bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Berikut ini risiko akan Anda rasakan jika lupa mengganti oli mobil.

Overheating

Overheating keadaan di mana suhu mesin mobil mengalami kenaikkan dan menjadi sangat panas. Saat oli mobil tidak diganti , maka fungsi utama oli sebagai pendingin mesin mobil tidak bisa bekerja dengan maksimal. Akibatnya mesin mobil bisa menjadi sangat panas atau overheat.

Baca Juga : Ketahui Ini Indikasi Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Menurunnya Kualitas Mesin

Oli yang tidak diganti tepat waktu berisiko memberi efek pada kinerja mesin. Oli berfungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja mesin. Oli yang tidak diganti warnanya akan semakin hitam dan kental, sehingga fungsinya sebagai pelumas komponen mesin akan menurun dan berefek pada kinerja mesin yang sudah pasti akan menurun. Suara mesin juga berisiko menjadi semakin kasar, serta mesin mobil akan menjadi sulit untuk dinyalakan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti1

Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti

Bagi orang yang sudah akrab dengan dunia otomotif, pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya busi. Busi merupakan komponen pertama yang bekerja ketika motor dihidupkan untu...

selengkapnya