Tips & Trik

Catat, Ini Tandanya Mobil Perlu Spooring Balancing

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/spooring_dan_balancing.jpg

Spooring balancing adalah mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil saat digunakan. Para pemilik mobil harus rajin melakukan hal ini secara rutin

Spooring balancing adalah mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil saat digunakan. Para pemilik mobil harus rajin melakukan hal ini secara rutin. Jangan sampai Anda telat melakukannya karena hanya akan membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Lalu kapan Anda harus melakukan spooring terhadap mobil? Ini harus dilakukan saat beberapa tandanya sudah muncul. Disini perlu diketahui bahwa ada beberapa ciri-ciri mobil perlu di spooring. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Fungsi Melakukan Spooring Pada Mobil

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Spooring adalah kegiatan untuk menyeimbangkan kembali bagian mobil yang tidak stabil. Setelah melakukan proses spooring biasanya dilanjut dengan balancing.

Tujuan dari spooring adalah agar bagian mobil khususnya roda kanan dan kiri bisa selaras. Selain itu keausan dari ban mobil juga bisa merata.

Ciri-ciri Spooring Mobil dan Balancing Diperlukan

spooring_mobil

Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu, Ini Dia Jenis Oli Mobil

Mobil haruslah stabil saat dikendarai. Nah, untuk menjaga kestabilan kendaraan tersebut, Anda harus rutin melakukan spooring maupun balancing. Selain itu, penting juga mengetahui ciri-ciri kapan mobil membutuhkannya, sebagaimana dalam daftar di bawah ini.

  • Setir Mobil Bergerak Sendiri

Untuk melihat hal ini, Anda bisa mengendarai mobil dengan kecepatan rendah. Ketika mobil Anda berada di 40 sampai 50 KPJ, lalu bagian setirnya bergerak sendiri ke kanan atau ke kiri, maka itu salah satu tanda perlu dilakukannya spooring.

Mengapa melihatnya dari bagian setir? Sebab setir berhubungan langsung dengan roda. Kemana setir digerakkan maka roda akan mengikutinya. Oleh sebab itu ketika Anda mengendarai mobil dan setirnya tidak searah dengan roda, maka tandanya mobil butuh di spooring agar stabil kembali.

Baca Juga : Inilah Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

Jangan sampai Anda telat melakukan spooring karena ini akan membuat mobil menjadi lebih tidak stabil. Mobil yang sulit dikendalikan tentu menghambat pekerjaan Anda. Anda bisa jadi telat pergi ke suatu tempat, oleh sebab itu jika sudah ada tanda-tandanya maka langsung pergi ke bengkel resmi.

  • Getaran Ketika Ban Melaju

Ciri kedua yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan spooring mobil adalah, ketika melaju muncul getaran dari keempat roda. Biasanya, getaran tersebut muncul sampai terasa ke dalam kabin. Getaran akan semakin terasa jika Anda menaikkan kecepatan mobil, misalnya menjadi 100 km/jam.

Ketika keempat ban melaju, akan ada ketidakseimbangan antara bagian kanan dengan kiri. Selain spooring, juga diperlukan balancing untuk menyeimbangkan bagian kanan dan kiri agar mobil bisa bergerak dengan stabil. Mesin balancing juga berfungsi untuk mengetahui mana yang kurang seimbang.

Ketika Anda membawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan balancing, biasanya akan diberikan timah atau besi yang ditempel di ban. Fungsi dari timah atau besi ini untuk mengembalikan keseimbangan ban di kiri dan kanan. Biasanya setelah timah tertempel, getaran bisa sedikit menghilang.

  • Kaki Mobil Bermasalah

Bagian kaki mobil adalah komponen terluar dari kendaraan yang sangat penting dan langsung bersentuhan dengan tanah. Kaki-kaki mobil adalah yang paling menentukan apakah kendaraan Anda bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Oleh sebab itu, Anda harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan. Lakukanlah pengecekan selama 3 bulan sekali untuk melihat kondisi kaki mobil.

Kaki mobil yang berada dalam kondisi bagus akan menghasilkan kenyamanan saat berkendara. Begitu pula sebaliknya, jika kondisi kaki mobil buruk maka perjalanan Anda otomatis akan mengalami gangguan.

Jika kaki mobil berada di dalam kondisi yang buruk, maka Anda bisa langsung membawanya ke bengkel untuk segera spooring atau balancing. Jangan sampai Anda membiarkan kaki mobil dalam keadaan buruk karena akan menimbulkan masalah yang lebih parah.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya