Tips & Trik

Gak Cuma Bikin Cantik, Ini Fungsi Spoiler Mobil

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/spoiler_mobil.jpg

Kendaraan sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, terutama mobil. Sudah banyak orang yang menggunakan mobil untuk transportasi sehari-hari. Namun, ada salah satu bagian dari mobil yang fungsinya belum banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu spoiler mobil.

Spoiler merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki beberapa fungsi. Setiap orang biasanya berpikir bahwa spoiler mobil hanya sebagai aksesoris yang digunakan untuk mempercantik tampilan. Namun, ternyata spoiler ini memiliki berbagai fungsi pada kendaraan tersebut.

Fungsi Spoiler Mobil

Baca Juga : Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Sebagaimana disebutkan bahwa fungsi komponen yang satu ini bukan hanya sebagai penambah estetika saja. Berikut beberapa fungsi spoiler mobil yang perlu diketahui. 

  • Menambah Tekanan Bawah

Spoiler pada mobil berfungsi untuk menambah tekanan bawah atau yang biasanya disebut dengan downforce. Saat sebuah mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi, maka pada mobil akan timbul gaya angkat yang kurang maksimal.

Gaya angkat yang ditimbulkan saat melaju dalam kecepatan tinggi akan membuat mobil terasa melayang dan kurang stabil. Dalam hal ini spoiler mampu menjadi kontrol atau pengendali mobil tersebut.

  • Membantu Pengendalian Mobil

Baca Juga : Hati-hati, Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Dalam pemasangan spoiler mobil akan menimbulkan efek aerodinamis yang dapat membuat pengendalian semakin meningkat, sehingga pertahanan roda akan lebih kuat. Pengendalian ini juga bertujuan agar mobil tetap terkontrol dan stabil saat melaju dengan cepat.

  • Menangkis Kotoran dan Debu

Spoiler pada mobil hatchback berfungsi untuk menangkis kotoran berupa debu maupun air hujan pada bagian kaca belakang. Menempelnya debu atau kotoran pada bagian kaca mobil pastinya akan mengganggu performa atau tampilan mobil.

Apabila mobil Anda tidak memiliki spoiler yang berfungsi sebagai penangkis kotoran pada kaca, maka menjaga kebersihan pada mobil harus dilakukan secara teratur. Hal ini untuk menjaga penampilan mobil tetap bersih dan mengkilap meskipun sering digunakan di jalan raya

Baca Juga : Apa Itu Knocking Pada Mesin? Ketahui Ini Penyebabnya

fungsi_spoiler_mobil

Bahan Spoiler Mobil

Spoiler mobil dibuat dalam bahan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa bahan spoiler mobil yang biasa digunakan

  • Bahan Plastik ABS

Dalam pembuatan spoiler dengan bahan ABS biasanya dicampur dengan pengisi granular. Hal ini bertujuan untuk membuat spoiler lebih kaku.

  • Bahan fiberglass

Spoiler yang yang terbuat dari epoxy biasanya menggunakan bahan fiberglass. Pembuatan spoiler yang menggunakan bahan fiberglass ini memakan waktu yang cukup lama, sehingga tidak diproduksi dalam skala yang besar. Bahan fiberglass sendiri bersifat tahan lama.

  • Bahan silikon

Silikon merupakan bahan dalam pembuatan spoiler yang memiliki karakteristik termal yang tinggi dan tahan lama.

  • Bahan carbon-fiber

Bahan spoiler yang selanjutnya adalah carbon fiber. Spoiler yang dibuat menggunakan bahan ini biasanya memakan waktu yang lama karena dikerjakan secara manual. Bahan carbon fiber bersifat ringan dan sangat kuat, sehingga tidak heran jika harganya lumayan mahal.

Jenis- jenis spoiler mobil

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya