Tips & Trik

Gak Cuma Bikin Cantik, Ini Fungsi Spoiler Mobil

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

Spoiler Mobil

Jenis front spoiler ini memiliki fungsi khusus dalam penggunaannya. Fungsi tersebut adalah untuk mengurangi hambatan yang dapat ditimbulkan oleh rear spoiler.

  • Lip spoiler

Jenis spoiler ini tidak memiliki fungsi khusus berkaitan dengan hal keamanan. Pemasangannya hanya untuk menambah estetika atau keindahan mobil saja.

  • Wing spoiler

Biasanya jenis spoiler ini digunakan pada mobil-mobil balap.

Tujuan Penggunaan Spoiler Mobil

Spoiler dalam mobil ini bertujuan untuk meningkatkan cengkraman mobil Anda di jalan raya. Dengan menggunakan spoiler pada mobil, maka kendaraan akan terasa lebih ringan dan mudah dikendarai. Mobil yang tidak ada spoilernya biasanya harus memiliki bobot lebih berat atau ban harus diganti.

Dengan berkembangnya spoiler mobil, orang-orang belum bisa membedakan perbedaan spoiler dan wing mobil. Meskipun keduanya memiliki tampilan yang hampir sama tetapi  memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga : Berkendara Aman Saat Malam Hari dengan Foglamps dan Headlamps All New Ertiga

Pada spoiler biasanya terdapat accesoris tambahan seperti stoplamp mobil, sedangkan wing didesain pabrik secara khusus untuk mengatur aerodinamika pada mobil. Wing ini biasanya sering digunakan oleh mobil-mobil balap atau mobil yang memiliki performa tinggi.

Pemasangan Spoiler Mobil

Pemasangan spoiler mobil juga berbeda-beda tergantung tipe atau jenis mobilnya. Pada mobil yang memiliki bagasi, maka spoiler akan dipasang pada bagian belakang kendaraan tersebut seperti mobil jenis sedan.

Dalam hal ini, ada juga mobil yang tidak memiliki bagasi seperti jenis hatchback. Pada jenis mobil ini spoiler akan dipasang pada bagian atap paling belakang. Adakalanya spoiler juga dipasang pada bagian atas kaca mobil di belakang.

Pemasangan spoiler tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan dengan benar. Dalam pemasangannya pun harus seimbang antara bagian depan dengan bagian samping. Mobil yang hanya memiliki spoiler pada bagian belakang saja akan mengakibatkannya berjalan dengan arah tidak menentu. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya