Tips & Trik

Gak Cuma Bikin Cantik, Ini Fungsi Spoiler Mobil

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

Spoiler Mobil

Kendaraan sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, terutama mobil. Sudah banyak orang yang menggunakan mobil untuk transportasi sehari-hari. Namun, ada salah satu bagian dari mobil yang fungsinya belum banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu spoiler mobil.

Spoiler merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki beberapa fungsi. Setiap orang biasanya berpikir bahwa spoiler mobil hanya sebagai aksesoris yang digunakan untuk mempercantik tampilan. Namun, ternyata spoiler ini memiliki berbagai fungsi pada kendaraan tersebut.

Fungsi Spoiler Mobil

Sebagaimana disebutkan bahwa fungsi komponen yang satu ini bukan hanya sebagai penambah estetika saja. Berikut beberapa fungsi spoiler mobil yang perlu diketahui. 

  • Menambah Tekanan Bawah

Spoiler pada mobil berfungsi untuk menambah tekanan bawah atau yang biasanya disebut dengan downforce. Saat sebuah mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi, maka pada mobil akan timbul gaya angkat yang kurang maksimal.

Gaya angkat yang ditimbulkan saat melaju dalam kecepatan tinggi akan membuat mobil terasa melayang dan kurang stabil. Dalam hal ini spoiler mampu menjadi kontrol atau pengendali mobil tersebut.

  • Membantu Pengendalian Mobil

Dalam pemasangan spoiler mobil akan menimbulkan efek aerodinamis yang dapat membuat pengendalian semakin meningkat, sehingga pertahanan roda akan lebih kuat. Pengendalian ini juga bertujuan agar mobil tetap terkontrol dan stabil saat melaju dengan cepat.

  • Menangkis Kotoran dan Debu

Spoiler pada mobil hatchback berfungsi untuk menangkis kotoran berupa debu maupun air hujan pada bagian kaca belakang. Menempelnya debu atau kotoran pada bagian kaca mobil pastinya akan mengganggu performa atau tampilan mobil.

Apabila mobil Anda tidak memiliki spoiler yang berfungsi sebagai penangkis kotoran pada kaca, maka menjaga kebersihan pada mobil harus dilakukan secara teratur. Hal ini untuk menjaga penampilan mobil tetap bersih dan mengkilap meskipun sering digunakan di jalan raya

Baca Juga : Apa Itu Uji Emisi? Ketahui Ambang Batas dan Manfaatnya

fungsi_spoiler_mobil

Bahan Spoiler Mobil

Spoiler mobil dibuat dalam bahan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa bahan spoiler mobil yang biasa digunakan

  • Bahan Plastik ABS

Dalam pembuatan spoiler dengan bahan ABS biasanya dicampur dengan pengisi granular. Hal ini bertujuan untuk membuat spoiler lebih kaku.

  • Bahan fiberglass

Spoiler yang yang terbuat dari epoxy biasanya menggunakan bahan fiberglass. Pembuatan spoiler yang menggunakan bahan fiberglass ini memakan waktu yang cukup lama, sehingga tidak diproduksi dalam skala yang besar. Bahan fiberglass sendiri bersifat tahan lama.

  • Bahan silikon

Silikon merupakan bahan dalam pembuatan spoiler yang memiliki karakteristik termal yang tinggi dan tahan lama.

  • Bahan carbon-fiber

Bahan spoiler yang selanjutnya adalah carbon fiber. Spoiler yang dibuat menggunakan bahan ini biasanya memakan waktu yang lama karena dikerjakan secara manual. Bahan carbon fiber bersifat ringan dan sangat kuat, sehingga tidak heran jika harganya lumayan mahal.

Jenis- jenis spoiler mobil

Ada beberapa jenis-jenis spoiler yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin melakukan pemasangan terhadapnya, maka bisa memilih salah satu jenis tersebut.

  • Pedestal spoiler

Jenis spoiler yang pertama yaitu pedestal spoiler. Jenis ini sudah sangat umum digunakan di kalangan masyarakat.

  • Front spoiler

Jenis front spoiler ini memiliki fungsi khusus dalam penggunaannya. Fungsi tersebut adalah untuk mengurangi hambatan yang dapat ditimbulkan oleh rear spoiler.

  • Lip spoiler

Jenis spoiler ini tidak memiliki fungsi khusus berkaitan dengan hal keamanan. Pemasangannya hanya untuk menambah estetika atau keindahan mobil saja.

  • Wing spoiler

Biasanya jenis spoiler ini digunakan pada mobil-mobil balap.

Tujuan Penggunaan Spoiler Mobil

Spoiler dalam mobil ini bertujuan untuk meningkatkan cengkraman mobil Anda di jalan raya. Dengan menggunakan spoiler pada mobil, maka kendaraan akan terasa lebih ringan dan mudah dikendarai. Mobil yang tidak ada spoilernya biasanya harus memiliki bobot lebih berat atau ban harus diganti.

Dengan berkembangnya spoiler mobil, orang-orang belum bisa membedakan perbedaan spoiler dan wing mobil. Meskipun keduanya memiliki tampilan yang hampir sama tetapi  memiliki fungsi yang berbeda.

Pada spoiler biasanya terdapat accesoris tambahan seperti stoplamp mobil, sedangkan wing didesain pabrik secara khusus untuk mengatur aerodinamika pada mobil. Wing ini biasanya sering digunakan oleh mobil-mobil balap atau mobil yang memiliki performa tinggi.

Pemasangan Spoiler Mobil

Pemasangan spoiler mobil juga berbeda-beda tergantung tipe atau jenis mobilnya. Pada mobil yang memiliki bagasi, maka spoiler akan dipasang pada bagian belakang kendaraan tersebut seperti mobil jenis sedan.

Dalam hal ini, ada juga mobil yang tidak memiliki bagasi seperti jenis hatchback. Pada jenis mobil ini spoiler akan dipasang pada bagian atap paling belakang. Adakalanya spoiler juga dipasang pada bagian atas kaca mobil di belakang.

Pemasangan spoiler tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan dengan benar. Dalam pemasangannya pun harus seimbang antara bagian depan dengan bagian samping. Mobil yang hanya memiliki spoiler pada bagian belakang saja akan mengakibatkannya berjalan dengan arah tidak menentu. 

Hal ini disebabkan karena pada saat melaju kencang beban mobil akan terpaku pada satu titik saja. Selain itu, saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi juga akan berubah haluan sendiri. Dengan begitu pemasangan spoiler ini harus dilakukan dengan tepat agar tidak menyebabkan hal-hal membahayakan.

Baca Juga : Perlu Tahu, Ini Cara Kerja Kopling Mobil

Pemasangan spoiler yang tepat ini juga bertujuan agar komponen tersebut tidak lepas saat pengendara mobil melaju dengan cepat. Hal ini untuk menghindari pengendara lain mengalami kecelakaan.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa pada bagian samping mobil, spoiler dipasang di bagian bawah panel pintu. Peletakan spoiler mobil ini bisa pada sisi kanan maupun sisi kiri. Kemudian, pada bagian depan spoiler dipasang pada bagian bumper mobil.

Model Spoiler Mobil

Spoiler mobil biasanya bisa dipilih dari model yang ditawarkan kepada pembeli, yaitu spoiler asli pabrik dan spoiler aftermarket. Pembeli bisa menyesuaikan model dengan kebutuhan serta budget yang dimilikinya.

Seiring dengan kemajuan teknologi sendiri, spoiler mobil pun mengalami pembaharuan menjadi lebih canggih. Sudah banyak para penggemar mobil menggunakan spoiler canggih ini. Tipe lebih canggih pada mobil ini bisa mengembang dengan sendirinya saat pengendara mobil melaju dengan kecepatan 100 km/jam.

Spoiler yang canggih ini memiliki tujuan agar mobil lebih stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi. Tipe super canggih ini diproduksi oleh pabrik untuk memenuhi minat pangsa pasar.

Para pabrik otomotif sendiri, saat membuat spoiler biasanya menggunakan bahan plastik polyurethane yang lentur dan ringan, sehingga bisa lebih tahan lama.

Tips Memasang Spoiler

Penggemar mobil modifikasi sering menambahkan spoiler dengan berbagai model pada kendaraannya. Hal tersebut bertujuan agar mobil tampil lebih sporty. Namun, pemasangan spoiler oleh pemiliknya ini terkadang tidak sesuai dengan standar dari pabrik.

Dalam pemasangannya, akan lebih baik dilakukan bengkel atau tempat pemasangan yang resmi dan terpercaya. Hal ini untuk menghindari risiko kesalahan pemasangan spoiler yang bisa berakibat performa mobil.

Spoiler mobil merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi penting bukan? Maka dari itu, gunakan spoiler mobil yang tepat dan pastikan tidak sembarangan dalam pemasangannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berita Lainnya