Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Aman

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/71624823_s.jpg

Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Aman

Seiring dengan bertambahnya usia mesin, kondisi mobil akan mengalami penurunan, baik dari segi performa maupun penampilan. Hal ini karena debu dan kotoran banyak masuk ke dalam mesin mobil. Untuk itu, Anda perlu cara membersihkan mesin mobil dengan aman.

Sebenarnya mobil membutuhkan perawatan khusus. Karena itulah pemilik wajib melakukan servis secara berkala. Namun, untuk menjaga mesin mobil tetap bersih sendiri, cara membersihkan mobil berikut bisa Anda lakukan tanpa perlu pergi ke servis mobil.

  • Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

Sebelum membersihkan mesin mobil, Anda wajib menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Hal ini ditujukan demi kelancaran proses pembersihan sehingga tidak perlu bolak-balik mengambil alat.

Peralatan yang perlu disiapkan antara lain air mengalir, ember, selang, spons, sabun mobil, engine degreaser, dan lap sesuai fungsinya. Peralatan tersebut merupakan peralatan standar yang dibutuhkan saat proses pembersihan.

  • Mengatur Lokasi yang Tepat

Merujuk letak mobil yang berada di garasi, tempat ini cocok digunakan untuk pembersihan mobil. Namun, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Lokasi tempat mencuci harus memiliki permukaan yang rata.

Baca Juga : Fungsi Timing Belt Dan 5 Tandanya Perlu Diganti

Selain itu, lokasi tersebut harus memiliki pencahayaan yang cukup. Cahaya ini bukan bersumber dari matahari, melainkan penerangan lampu. Cahaya matahari justru akan membuat kabel menjadi lapuk dan mudah pecah.

Adapun tempat yang bersih dan jauh dari api dapat Anda jadikan pilihan. Pastikan lingkungan tempat mencuci juga tidak akan merusak mesin mobil.

  • Memastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

Berkaitan dengan mesin mobil yang terletak di bagian dalam, Anda harus memastikan mesin mobil ini dalam kondisi dingin. Berkaitan dengan itu, dilarang mencuci mesin mobil setelah Anda berkendara. Hal tersebut justru akan membuat mesin rusak.

Baca Juga : Biar Aman, Ini Cara Mengisi Air Radiator Mobil yang Benar

Jika Anda baru saja mengendarai mobil, usahakan tunggu 30-45 menit setelahnya. Pastikan mobil benar-benar dalam kondisi dingin. Selain itu, Anda bisa mencuci mobil pada waktu pagi hari saat mesin belum digunakan.

  • Membersihkan Debu-Debu Kecil

Langkah awal cara membersihkan mesin mobil yaitu dengan membersihkan debu-debu ringan. Biasanya, debu atau kotoran ini mudah disapu dengan lap. Anda bisa memulainya dengan menyapu permukaan hingga ke sela-sela mesin.

Pada tahap ini, Anda tidak membutuhkan air. Disini Anda cukup dengan cara menggunakan lap saja bisa. Mulai dari langkah awal yang mudah ini, Anda akan bersemangat membersihkan mesin mobil.

  • Mengangkat Aki Mobil

Mengangkat aki mobil adalah tahap terpenting dalam proses membersihkan mobil. Sebab, pada tahap selanjutnya Anda akan membersihkan bagian dalam mobil. Pada bagian dalam mobil biasanya terdapat banyak kotoran yang perlu dibersihkan.

Untuk membersihkan bagian tersebut, aki mobil harus diangkat terlebih dahulu. Selain itu, melepas aki mobil akan memutuskan aliran listrik. Hal ini dapat mencegah korsleting listrik saat Anda membersihkan mesin mobil menggunakan air.

Setelah mengangkat aki, pastikan simpan aki di tempat yang kering. Letakkan dengan baik baut-baut yang menempel agar tidak hilang saat akan dilakukan pemasangan ulang.

  • Membersihkan Bagian Bawah Kap Mobil

Setelah Anda berhasil mengangkat aki mobil, dapat dijamin proses selanjutnya akan berjalan aman. Sebab, pada tahap berikutnya Anda banyak menggunakan air dan cairan pembersih mesin mobil.

Bagian kap mobil menjadi bagian pertama yang dibersihkan. Ini karena bagian tersebut merupakan mesin yang berada paling atas dan mudah dijangkau. Jika bagian ini dikesampingkan, kemungkinan besar kotoran akan jatuh ke bagian mesin yang sudah dibersihkan dahulu.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya