Tips & Trik

Mari Mengenal Warna dan Fungsi Sekring Mobil

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Fungsi Sekring Mobil

Mengidentifikasi sekring berdasarkan bentuknya menjadi sangat mudah karena dengan perbedaan bentuklah karakteristik sekring bisa dikenali dengan mudah. Berdasarkan bentuknya, sekring ini dibagi menjadi beberapa jenis berikut.

  • Cartridge

Sekring jenis ini memiliki bentuk tabung yang pada bagian ujungnya dilengkapi dengan bahan logam. Pada dasarnya, sekring ini terbuat dari keramik yang mana bila dalam bentuk utuhnya, sekring ini berwarna transparan di bagian tengahnya.

Logam yang terdapat pada ujung sekring ini terlihat seperti besi dengan ukuran yang telah disesuaikan. Pada bagian ujung ini pula terdapat keterangan kode barang dan juga kapasitas jumlah arusnya.

  • Sekring Tabung

Hampir sama dengan cartridge, hanya saja jenis sekring ini terbuat dari kaca pada bagian tengahnya. Sekring jenis ini juga memiliki logam pada bagian ujungnya. Pada logam itulah terdapat kode dan ukuran muatan arus yang terdapat pada kapasitas sekring tersebut.

Saat ini, sekring tabung sudah sulit ditemukan. Pasalnya, sekring tabung biasa dimanfaatkan pada mobil yang familiar di era 80’an. Bagi pecinta mobil edisi lama, tentu sudah tak asing dengan tampilan sekring jenis ini.

  • Sekring Blade Atau Sekring Tancap

Baca Juga : Pengen Nyobain Main Drifting? Ini Spesifikasi Ban Yang Wajib Dipakai

Komponen kendaraan Anda yang terlihat seperti gigilah yang disebut sekring blade. Sekring jenis ini memiliki bagian logam yang terlihat tertancap pada plastik yang terkesan seperti isolatornya.

Umumnya, sering dijumpai dengan sekring blade dengan isolator yang berwarna-warni. Pewarnaan isolator tersebut juga menjadi tanda terkait kemampuan arus pada masing-masing sekring. Sekring blade digunakan dengan cara ditancapkan dan ini banyak sekali dimanfaatkan untuk mobil modern saat.

  • Sekring Pelat

Sekring pelat atau yang biasa dikenal dengan terminal pelat merupakan komponen yang berperan sebagai pengaman pada arus listrik utama.

sekring_mobil

Jenis-Jenis Sekring Mobil Blade

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya