Tips & Trik

Stabilizer Rantai Motor: Ini Fungsi dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 22 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/121332611_s1.jpg

Akan tetapi, biasanya belum ada 300km rantai sudah mulai kendor. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan stabilizer rantai. Fungsi pemasangan komponen untuk menutupi kekendoran sementara. 

Selain itu, roda nantinya akan membantu menyangga rantai saat bergerak dan mengurangi suara gesekan dengan swing arm.

  • Mencegah Rantai Lepas

Saat mengendarai motor trail, biasanya ayunan suspensi sangat tinggi sehingga membuat rantainya akan cepat kendor. Apabila rantai dalam keadaan kendor, maka bisa membuat rantai tersebut lepas dari gear. 

  • Meredam Getaran Rantai

Pemasangan tension rantai atau stabilizer untuk motor ini dapat meredam getaran yang terjadi pada rantai.

Suara berisik pada rantai bisa disebabkan karena gesekan rantai dengan gear akibat rantai kendor. Selain itu, biasanya akan bersuara jika pelumasnya kering.

  • Pembersih Rantai

Ini merupakan fungsi dari stabilizer pada rantai motor yang belum banyak diketahui, yaitu membersihkan rantai motor yang kotor terkena lumpur.

Rantai yang penuh lumpur ataupun tanah dan kotoran lain akan menurunkan performa motor. Apalagi untuk jenis motor trail yang biasanya memang medannya kotor.

124620079_s

Manfaat Stabilizer Rantai Motor

Fungsi-fungsi stabilizer cukup banyak dan bisa membuat rantai menjadi lebih awet karena performa dan kekencangannya terjaga. Selain itu, ada beberapa manfaat lagi yang bisa Anda rasakan jika menggunakan stabilizer pada rantai motor.

  • Ketegangan Rantai Motor Terjaga

Manfaat pertama yang pasti Anda rasakan bagi pengendara motor yang menggunakan stabilizer yaitu ketegangan pada rantai motor. Dengan kondisi rantai yang tetap tegang, maka dapat menjalankan fungsinya dalam menyelaraskan motor dengan kondisi jalan.

Contohnya saja saat kondisi jalan bergelombang, maka rantai akan ikut naik dan turun, menyesuaikan dengan gaya dari shock absorber yang terpasang pada suspensi belakang. 

Dengan adanya komponen yang berfungsi sebagai penstabil, maka kondisi rantai akan tetap tegang seperti seharusnya.

  • Rantai Tetap Kencang

Selanjutnya selain menjaga ketegangan pada rantai, fungsi stabilizer ini bisa menekan rantai ketika kondisi sedang kendur.

Dengan menstabilkan rantai, maka tarikan gear depan yang menuju gear gigi belakang akan kencang, sehingga menambah akselerasi motor ketika berada di jalan rusak.

  • Getaran Rantai Akan Berkurang

Sudah disebutkan bahwa salah satu fungsi dari stabilizer ini adalah untuk meredam getaran sekaligus suara yang keluar dari rantai.

Suara rantai yang lebih halus menjadi sesuatu yang sangat diidamkan pengendara motor karena memberikan kenyamanan tersendiri saat berkendara.

Kemampuan dalam meredam getaran dan suara ini tidak terlepas dari adanya bantalan karet yang dipasang pada jalur rantai tersebut.

Stabilizer dan bantalan karet saling membantu dalam menstabilkan rantai untuk tetap berjalan pada jalurnya sehingga tidak menimbulkan gesekan dan bunyi.

  • Gir Tidak Bersuara

Selain rantai yang awet dan tidak bersuara, ternyata stabilizer yang dipasang pada rantai motor juga bisa membuat gir menjadi awet.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya