Tips & Trik

Ketahui, Ini Komponen Differential dan Fungsinya Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 18 Februari 2022

69441946 S

Fungsi dari Drive Pinion adalah sebagai komponen pertama yang menerima putaran utama yang nanti akan diteruskan ke komponen ring gear.

  • Ring Gear

Ring gear merupakan komponen terbesar yang ada pada differential. Komponen ini berbentuk roda gigi yang menyerupai ring atau cincin.

Ring gear berfungsi untuk menerima putaran yang berasal dari drive pinion yang nantinya akan diteruskan ke komponen selanjutnya yaitu side gear.

Ring gear dan pinion drive disebut sebagai rangkaian final gear pada differential. Hal tersebut disebabkan karena keduanya terletak pada bagian akhir sistem powertrain mobil.

  • Side Gear

Komponen berikutnya yang ada di differential adalah side gear. Dalam differential, terdapat dua buah side gear yang berfungsi untuk menerima putaran dari ring gear yang kemudian akan diteruskan ke roda melalui poros axle shaft.

Axle shaft sendiri terdapat dua macam yaitu axle shaft housing dan axle shaft housing cap. Axle shaft housing berfungsi sebagai penutup utama pada sistem differential dan as roda.

Sementara axle shaft housing cap berbentuk tutup dengan banyak baut agar dapat mengeluarkan oli dengan mudah.

  • Differential Pinion Gear

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Salah satu komponen differential yang lain adalah differential pinion gear. Komponen ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan side gear. Namun, differential pinion gear memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan side gear.

Letak differential pinion gear menempel pada kedua side gear pada differential. Berdasarkan letaknya, komponen ini berfungsi untuk mengatur putaran side gear pada kanan dan kiri yang disesuaikan dengan keadaan kendaraan.

  • Bearing Adjusting Nut

Bearing Adjusting Nut termasuk komponen pada differential yang berfungsi untuk mengatur jarak titik temu antara ring gear (Backlash) dengan drive pinion. Komponen ini berbentuk piringan bulat dan berlubang.

  • Pinion Shaft

Komponen berikutnya yang ada pada differential yakno pinion shaft. Pinion Shaft merupakan komponen dalam differential yang berfungsi untuk menghubungkan differential gear.

  • Bearing Cap (Tutup Bantalan)

Salah satu komponen yang cukup penting pada differential yaitu bearing cup. Komponen ini berfungsi untuk mengikat differential case. Karena komponen ini krusial, pemasangannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Pemasangan bearing cup harus pas sesuai dengan standar pabrikan, tidak boleh kendor ataupun terlalu ketat. Jika pemasangan tidak sesuai, maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

Tanda Differential Mengalami Kerusakan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya