Tips & Trik

Trik Rahasia Untuk Tingkatkan Performa Suzuki GSX R150

PUBLISHED DATE : 16 Desember 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Nov-Blog-7-(1)-(1).jpg

Suzuki GSX R150 merupakan motor sport unggulan Suzuki yang dikenal dengan performanya yang begitu maksimal. Sepeda motor ini dipersenjatai dengan mesin DOHC 147,3 cc 4 katup yang mampu menghasilkan tenaga hingga 18,9 dk di 10.500 rpm dan torsi 14Nm di 9.000 rpm. Inilah rahasia yang membuat sepeda Suzuki GSX R150 begitu bandel, kuat dan ringkas. Tanpa dimodifikasi saja, Suzuki GSX R150 sudah memiliki performa yang mumpuni. Namun bagi Anda yang ingin meningkatkan performa sepeda motor ini lebih tinggi lagi, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini. 

  • Ganti Knalpot & ECU Racing

Cara tersederhana agar performa Suzuki GSX R150 semakin meningkat adalah dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing aftermarket agar supply bahan bakar semakin meningkat. Mungkin beberapa orang menganggap knalpot aftermarket membuat suara sepeda motor semakin nyaring. Padahal dengan mengganti knalpot, bisa juga menambah tenaga mesin yang otomatis membuat motor berlari lebih cepat. Pilihlah knalpot racing terbaik dan terjamin keasliannya agar tidak mengalami kendala. Selain mengganti knalpot, Anda juga bisa melakukan penggantian ECU racing dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari ECU bawaan sepeda motor Anda. Hanya dengan mengganti 2 bagian ini, tenaga kuda yang dihasilkan Suzuki GSX R150 bisa naik hingga 2 tingkat. 

  • Upgrade Silinder & Piston 

Cara lain untuk mendongkrak performa sepeda motor ini adalah dengan memperbesar isi silinder agar power mesin semakin meningkat. Kemudian lakukan penggantian piston dengan ukuran 66 mm dari sebelumnya yang hanya 62 mm. Gunakan liner mesin diesel yang terkenal kuat dan tahan panas. Untuk diameter luar liner 72 mm. Ukuran masih cocok dengan ukuran bawaan GSX R150. Sementara itu, piston yang digunakan memiliki dome 1,5 mm mendem 0,2 mm tanpa paking. Untuk paking head digunakan bahan tembaga tebal 0,5 mm. Jadi total mendem piston 0,7 mm, sehingga aman dari benturan dengan head silinder. Untuk menjaga agar tidak mudah bocor dan air radiator nyebrang ke ruang bakar,  Anda bisa memodifikasinya dengan membuat blok tipe close deck. Tipe ini menutup semua lubang water jacket dengan cara dilas aluminium TIG dan dilubangi kembali mengikuti lubang paking head silinder.

  • Mengganti Filter Udara Racing

Baca Juga : Mudik dengan Motor? Ini yang Wajib Dipersiapkan

Filter udara racing mampu membantu meningkatkan debit aliran udara ke ruang bakar. Dengan demikian efisiensi volumetrik udara yang terhisap masuk ke ruang bakar meningkat, dan langsung berdampak signifikan pada kenaikan performa. Beberapa orang meyakini dengan mengganti filter racing akan mampu meningkatkan performa (tanpa mengganti komponen yang lain) mencapai 4%, dibandingkan filter udara original.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk Anda yang berniat memodifikasi sepeda motor Suzuki GSX R150 Anda. Lakukan konsultasi dengan teknisi profesional di bengkel resmi Suzuki untuk tahu cara paling tepat membuat performa sepeda motor Anda semakin meningkat. Booking jadwal kunjungan Anda dengan klik ke  https://www.suzuki.co.id/services/motorcycle

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya