Tips & Trik

Tips Memilih Helm yang Nyaman Dikenakan

PUBLISHED DATE : 22 Oktober 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips-Memilih-Helm-yang-Nyaman-Dikenakan.jpg

Mengenakan helm tidak hanya untuk membuat kita menghindari terkena tilang, tapi melindungi kepala kita jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan. Karena itu, penting untuk semua pengendara motor untuk memilih helm yang nyaman yang sesuai kebutuhan. Helm tidak harus mahal, asal nyaman dipakai dan sudah memenuhi standar yang ditetapkan kebutuhan sudah cukup.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan memilih helm.

 1. Ukuran harus pas

Baca Juga : Peralatan Hand Tools Ini Wajib Dimiliki Pengendara

Helm yang pas bukan berarti terasa sempit saat dipakai. Kalau terlalu sempit, bisa menyebabkan pusing dan bisa berbahaya jika dikenakan dalam waktu lama. Cara mengukur helm yang pas adalah pastikan celah antara busa helm dengan muka sebesar dua jari tangan. Jangan pilih helm yang longgar, karena tidak dapat menahan kepala dengan baik dan tidak akan melindungi kepala dengan maksimal.

 2. Memenuhi standar

Di Indonesia, helm dianggap legal kalau sudah bisa memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional (BSN). Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk lolos standar tersebut, yaitu material cangkang non-logam yang tahan perubahan suhu, resisten dengan sabun, minyak, air, deterjen, dan pembersih lainnya.

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Bahan pelengkap helm juga wajib tahan lapuk, tahan air, dan tahan perubahan suhu. Terakhir, bahan yang bersentuhan langsung dengan kulit tidak boleh menyebabkan iritasi dan penyakit kulit, dan tidak akan berubah bentuk ketika terkena keringat, minyak, atau bagian tubuh lainnya.

 3. Pilih jenis helm sesuai kebutuhan

Kalau Anda ingin berkendara santai, Anda bisa memilih helm half face, tapi jika ingin lebih aman, terutama ketika Anda sering memacu motor dalam kecepatan yang lebih tinggi, sebaiknya pakai helm full face.

Baca Juga : Pengecekan Dasar Yang Harus Dilakukan Oleh Pengendara Kapal Pemula

Itulah beberapa tips memilih helm yang nyaman dikenakan. Semoga bermanfaat dan selalu ingat untuk melakukan servis berkala pada sepeda motor Suzuki kesayangan Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Pintar_Memilih_Jaket_Riding.png

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya