Tips & Trik

Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

PUBLISHED DATE : 19 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/80621713_s.jpg

Saat mengendarai motor, pernahkah Anda mengalami mesin motor yang tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin? Jika pernah, mulai sekarang Anda tidak perlu merasa panik lagi.

Simak ulasan berikut, ada beberapa penyebab motor mati seperti kehabisan bensin dan cara mengatasinya.

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

Berikut ini beberapa penyebab motor mati seperti kehabisan bensin yang bisa disimak agar bisa menyiapkan langkah-langkah antisipasi jika nanti mengalaminya:

Ventilasi Bensin Tersumbat

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia Cara Memperpanjang SIM C untuk Motor

Faktor pertama yang mungkin menjadi penyebab motor mati seperti kehabisan bensin adalah karena tersumbatnya ventilasi bensin. Ventilator bensin memiliki peran penting dalam menyalurkan udara dan mendorong bensin agar bisa sampai ke bagian karburator.

Apabila ventilasi tersumbat dan sirkulasi udara tidak dapat berjalan dengan baik, sudah bisa dipastikan mesin motor akan tersendat-sendat dan bahkan mati secara tiba-tiba. Ventilator tersebut bentuknya memang sangat kecil, akan tetapi memiliki peran yang sangat besar bagi sebuah motor.

Hal yang harus Anda lakukan ketika mendapati kondisi yang demikian adalah membersihkan ventilatornya. Caranya, buka penutup bensin dari tangki kemudian Anda semprotkan udara yang berasal dari kompresor mengarah ke bagian ventilasinya.

Mesin Motor Terlalu Panas

Baca Juga : Awas, Ini 5 Tandanya Van Belt Motor Mau Putus

Overheat merupakan keadaan yang sangat tidak aman bagi sebuah kendaraan. Apabila suatu kendaraan mengalami overheat, kendaraan akan mengalami penurunan kinerja. Hal tersebut tentu membuat Anda sebagai pengendaranya mengalami ketidaknyamanan saat berkendara.

Overheat mungkin saja menyebabkan motor Anda mati mendadak. Jika hal tersebut Anda alami, silahkan menepi terlebih dahulu. Jangan paksakan kendaraan terus melaju agar tidak menimbulkan sesuatu yang lebih fatal. Setelah itu, matikan mesin dan tunggu sampai suhunya menurun.

Nah, apabila suhu motor sudah lebih dingin, Anda baru bisa menghidupkan mesin motornya lagi. Tidak perlu panik bukan? Jelasnya dalam keadaan apapun, usahakan tetap tenang agar Anda dapat berpikir jernih dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Baca Juga : Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Penyebab mesin bisa mengalami overheat mungkin dikarenakan perjalanan yang ditempuh terlalu panjang dan tidak diistirahatkan sama sekali. Bisa jadi juga karena jumlah oli terlalu sedikit dan kualitasnya sudah tidak baik.

Maka dari itu, perhatikan betul bagaimana Anda dalam merawat kendaraan supaya tidak mengalami kondisi yang demikian. Tidak ribet sebenarnya merawat kendaraan, hanya saja dibutuhkan ketelatenan.

167034791_

Busi Kotor dan Sudah Terlalu Lama

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin selanjutnya yang mungkin saja membuat mesin motor Anda tiba-tiba mati adalah busi motor terlalu kotor dan sudah tua. Busi merupakan salah satu komponen pada mesin motor yang fungsinya untuk menciptakan percikan api pada proses pembakaran sehingga menghasilkan energi.

Apabila busi mengalami masalah, tentu akan memberikan dampak terhadap performa kendaraan, dan salah satunya mesin bisa tiba-tiba mati. Cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan melepas busi dan membersihkannya.

Apabila busi sudah terlalu lama, sebaiknya ganti dengan yang baru. Busi seharusnya menjadi salah satu komponen yang rutin dirawat mengingat perannya dalam sebuah kendaraan sangat penting. Jika kondisi busi terjaga dengan baik, mesin kendaraan pasti akan bekerja lebih optimal.

Cop Busi Kurang Rapat

Kurang rapatnya pemasangan cop busi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab matinya motor secara tiba-tiba.  Cop busi atau yang lebih dikenal dengan sebutan cangklong apabila kurang rapat dalam pemasangannya akan menyebabkan busi terkena rembesan air.

Nah, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi keadaan yang demikian tersebut adalah dengan membeli cop busi dilengkapi karet pelindungnya sekalian. Pastikan pula sambungan yang mengarah ke kabel koil.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya