Tips & Trik

Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

PUBLISHED DATE : 19 Juli 2021

80621713 S

Apabila busi mengalami masalah, tentu akan memberikan dampak terhadap performa kendaraan, dan salah satunya mesin bisa tiba-tiba mati. Cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan melepas busi dan membersihkannya.

Apabila busi sudah terlalu lama, sebaiknya ganti dengan yang baru. Busi seharusnya menjadi salah satu komponen yang rutin dirawat mengingat perannya dalam sebuah kendaraan sangat penting. Jika kondisi busi terjaga dengan baik, mesin kendaraan pasti akan bekerja lebih optimal.

Cop Busi Kurang Rapat

Kurang rapatnya pemasangan cop busi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab matinya motor secara tiba-tiba.  Cop busi atau yang lebih dikenal dengan sebutan cangklong apabila kurang rapat dalam pemasangannya akan menyebabkan busi terkena rembesan air.

Nah, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi keadaan yang demikian tersebut adalah dengan membeli cop busi dilengkapi karet pelindungnya sekalian. Pastikan pula sambungan yang mengarah ke kabel koil.

Lihat apakah rapat atau belum. Jika belum, segera rapatkan sambungan tersebut. Dengan demikian, motor Anda tidak akan mati mendadak seperti kehabisan bensin ketika digunakan untuk perjalanan jauh maupun dekat. 

Terjadi Masalah pada Main Jet

Baca Juga : Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor & Fungsinya

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin selanjutnya adalah terjadi masalah di bagian main jet. Main jet merupakan komponen mesin kendaraan yang fungsinya menyalurkan bensin agar bisa sampai ke ruang pembakaran. Lebih sederhananya, main jet menyuplai bensin ke ruang pembakaran.

Bayangkan apabila main jet mengalami masalah, sudah dapat dipastikan akan menimbulkan dampak yang begitu fatal. Apabila terjadi penyumbatan atau ukuran main jet terlalu kecil, mesin motor bisa tersendat-sendat dan kekurangan power hingga akhirnya mati tiba-tiba.

Penyumbatan tersebut bisa terjadi karena kotoran yang ikut terbawa dalam bensin. Supaya main jet tidak tersumbat, sebaiknya Anda lebih cermat saat membeli bensin. Pastikan bensin yang masuk ke tangki benar-benar bersih dari kotoran agar penyumbatan di bagian main jet dapat dihindari.

Namun apabila main jet telah tersumbat kotoran dan menyebabkan motor mati tiba-tiba, Anda harus segera membersihkannya. Caranya, lepaskan main jet dari karburator. Kemudian, bersihkan seluruh bagiannya menggunakan kompresor sebagaimana saat Anda membersihkan bagian pilot jetnya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya