Tips & Trik

Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/80621713_s.jpg

Lihat apakah rapat atau belum. Jika belum, segera rapatkan sambungan tersebut. Dengan demikian, motor Anda tidak akan mati mendadak seperti kehabisan bensin ketika digunakan untuk perjalanan jauh maupun dekat. 

Terjadi Masalah pada Main Jet

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin selanjutnya adalah terjadi masalah di bagian main jet. Main jet merupakan komponen mesin kendaraan yang fungsinya menyalurkan bensin agar bisa sampai ke ruang pembakaran. Lebih sederhananya, main jet menyuplai bensin ke ruang pembakaran.

Bayangkan apabila main jet mengalami masalah, sudah dapat dipastikan akan menimbulkan dampak yang begitu fatal. Apabila terjadi penyumbatan atau ukuran main jet terlalu kecil, mesin motor bisa tersendat-sendat dan kekurangan power hingga akhirnya mati tiba-tiba.

Penyumbatan tersebut bisa terjadi karena kotoran yang ikut terbawa dalam bensin. Supaya main jet tidak tersumbat, sebaiknya Anda lebih cermat saat membeli bensin. Pastikan bensin yang masuk ke tangki benar-benar bersih dari kotoran agar penyumbatan di bagian main jet dapat dihindari.

Namun apabila main jet telah tersumbat kotoran dan menyebabkan motor mati tiba-tiba, Anda harus segera membersihkannya. Caranya, lepaskan main jet dari karburator. Kemudian, bersihkan seluruh bagiannya menggunakan kompresor sebagaimana saat Anda membersihkan bagian pilot jetnya.

Setelah itu, pasang dan kembalikan lagi seperti semula. Coba starter motor Anda. Apabila mesin masih tidak mau menyala, mungkin ada bagian lain yang mengalami masalah. Lakukan pengecekan secara keseluruhan. Bawa saja ke bengkel jika dirasa tidak bisa menanganinya.

Tertutupnya Kran Bensin

Bensin merupakan bahan bakar kendaraan bermotor. Bahan bakar tersebut harus bisa mengalir dengan baik dan lancar ke ruang pembakaran agar mesin motor bisa hidup. Nah, apabila Anda mendapati mesin motor mati secara tiba-tiba, bisa jadi disebabkan karena kran bensinnya tertutup.

Kran bensin letaknya berada di dekat tangki. Bagian tersebut memiliki tiga titik, yaitu RES, ON dan OFF. RES merupakan indikator bensin cadangan. Apabila bensin Anda sudah habis dalam posisi ON, ubah posisinya menjadi RES agar mesin bisa tetap menyala menggunakan bensin cadangan.

Titik ON mengisyaratkan bahwa kran terbuka dan bensin dapat mengalir dengan lancar, sedangkan OFF artinya kran tertutup. Coba lihat bagian tersebut. Jika kran berada di posisi OFF, berarti bensin tidak bisa mengalir ke tempat pembakaran.

Anda harus mengubah posisinya ke ON agar bensin dapat mengalir untuk menyuplai bahan bakar. Caranya cukup dengan memutarnya sampai ke posisi ON. Sangat mudah sekali dilakukan. Namun Anda harus berhati-hati melakukannya agar tidak mengganggu komponen yang lainnya.

Bensin Motor Benar-Benar Habis

Habisnya bahan bakar biasanya ditandai dengan mesin yang tersendat-sendat ketika dinyalakan. Nah, hal yang satu ini seharusnya menjadi indikator pertama yang harus Anda cek ketika mesin motor tersendat-sendat kemudian mati. Bisa jadi motor Anda benar-benar kehabisan bensin.

Penyebab lain mungkin saja bisa terjadi, akan tetapi sebaiknya Anda cek terlebih dahulu keadaan bensin. Terlebih lagi bagi motor yang indikator bensinnya mati, kehabisan bensin merupakan hal yang wajar terjadi. Oleh sebab itu, cek terlebih dahulu keadaan bensin Anda.

Apabila bensin benar-benar habis, segera lakukan pengisian ulang. Namun, apabila bensin masih cukup dan mesin motor mati, berarti terjadi masalah di bagian tertentu.

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin bisa karena banyak hal. Segera cari tau apa penyebabnya supaya Anda bisa segera mengatasinya. Dan apabila sparepart ada yang bermasalah kemudian membutuhkan penggantian, lakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat agar lebih aman.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya