Tips & Trik

Macam-Macam Cara Membersihkan Helm dan Mencucinya

PUBLISHED DATE : 05 November 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/bersihkan_helm.jpg

Membersihkan dan mencuci helm adalah dua perawatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pengendara motor. Apalagi jika helm digunakan sehari-hari. Bakteri yang menempel pada busa helm bisa saja menimbulkan penyakit kulit di kepala. 

Selain itu aroma helm juga akan sangat mengganggu bukan? Anda tentu tak ingin hanya karena masalah bau menyengat di helm, perjalanan jadi terganggu. 

Jika sudah membeli helm dengan harga yang tidak murah, maka tugas selanjutnya adalah merawat dan mencucinya. Apabila Anda ingin tahu bagaimana cara membersihkan helm dan cara mencucinya, Anda bisa menyimak langkah lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Mesin Kapal Tempel

cara_cuci_helm

5 Langkah Membersihkan Helm Sendiri di Rumah

Perawatan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya. Proses membersihkan ini bisa dilakukan lebih sering dibandingkan mencuci. Tujuannya adalah menjaga penampilan dari helm. 

Baca Juga : Ingat, Selalu Pakai Alas Kaki Saat Mengemudi Mobil!

Seiring penggunaan atau bahkan terjatuh, helm bisa memiliki tampilan yang kusam. Untuk menjaga tampilannya, kelima langkah cara membersihkan helm ini bisa Anda lakukan. 

  1. Melepaskan bagian helm

Setiap helm biasanya terdiri dari beberapa bagian. Supaya pembersihan bisa dilakukan menyeluruh, Anda perlu melepaskannya satu persatu. Cara melepaskannya bisa menggunakan obeng kembang pada bagian baut yang menyatukan semua komponen. 

Baut yang mengencangkan bagian kaca helm bisa dikendorkan peralihan dan dilepaskan. Cukup lepaskan bagian yang dibaut agar bisa dipasang kembali. 

    2. Bersihkan kotoran dengan sikat gigi

Baca Juga : Posisi Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Ideal

Mulailah untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada seluruh permukaan helm menggunakan sikat gigi. Fokuskan pada area-area yang sempit seperti pada karet pembatas. Debu harus hilang sampai benar-benar bersih. 

Setelah menggunakan sikat gigi, lap permukaan helm secara keseluruhan dengan kain microfiber yang sudah dibasahi. Kemudian lap dengan kain kering sehingga tak ada lagi debu serta kotorannya. 

    3. Memoles helm

Cara membersihkan helm selanjutnya adalah memoles bagian tempurung helm. Poleslah dengan wax khusus atau cairan semprotan untuk helm. Cara memoles bisa langsung dengan kain kering kemudian digosok sampai mengkilap. 

Pemolesan ini bertujuan agar kotoran tidak mudah menempel pada permukaan helm. Selain itu tampilan helm juga akan semakin mengkilap. Helm akan memiliki tampilan seperti baru. 

    4. Membersihkan kaca helm

Langkah kedua dan keempat bisa dilakukan pada tempurung helm tetapi tidak pada bagian kaca.

Cara membersihkan kaca helm harus dilakukan secara khusus agar tidak muncul goresan. Anda hanya perlu membersihkannya dengan kain microfiber yang telah dibasahi sebelumnya. 

Pastikan kain bersih sehingga pasir atau debu tidak menciptakan goresan pada kaca helm yang mengganggu pandangan nantinya. Keringkan kaca helm dengan kain. 

    5. Perakitan komponen helm

Setelah membersihkan bagian demi bagian dan dipastikan cukup bersih, Anda bisa mengembalikan susunan helm seperti semula. Gunakan baut yang tadi digunakan untuk memasang dan kencangkan dengan obeng agar pas. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya