Tips & Trik

Jangan Sampai Salah Ukuran Saat Modifikasi Ban Motor!

PUBLISHED DATE : 21 April 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_269437649.jpg

Ada banyak orang yang merasa tidak puas dengan produk sepeda motor yang dikeluarkan pihak pabrikan. Hal inilah yang membuat mereka akhirnya memilih jalan modifikasi, salah satunya yang paling populer adalah mengganti ukuran ban standar dengan ukuran yang dikehendaki.

Setelah sempat booming modifikasi ban cacing, atau mengganti ban motor dengan ukuran yang sangat kecil, kini mulai booming modifikasi dengan ukuran ban yang sangat besar, dan mengganti ban motor dengan tipe ban tahu atau ban trail.

Sebenarnya, aman tidak sih ganti-ganti ukuran dan tipe ban?

Baca Juga : Mempelajari Kinerja AC Mobil

Mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar atau yang lebih kecil, sebenarnya sah-sah saja dilakukan, asal sesuai dengan aturannya. Biasanya, selisih ideal antara ukuran lebar ban dan pelek yang digunakan memakai selisih plus minus dua tingkat.

Contohnya, jika pelek standar dengan lebar 2,75 inci, dan ban standar selebar 3 inci, maka maksimal ukuran bannya adalah 3,25 inci, atau ukuran 100/90. Sedangkan untuk pelek 3,25 inci, maka ukuran ban maksimalnya adalah 4 inci, atau ukuran 120/70.

Jika mengganti ban di luar ukuran tersebut (termasuk mengganti pelek dengan ukuran non-standar), dampaknya bisa sangat fatal. Terlalu kecil, atau menggunakan ban cacing, akan membuat motor kehilangan daya cengkram dan meningkatkan resiko kecelakaan.

Baca Juga : SIM Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengurusnya Sendiri

Sedangkan jika mengganti ban dengan ukuran yang terlalu besar, dampaknya bisa membuat beban roda semakin tinggi dan mesin cepat panas. Selain itu, bahan bakar akan jadi lebih boros dan mesin cepat rusak karena beban tersebut.

Sementara untuk mengubah tipe ban, dari ban standar ke ban tahu, sangat tidak disarankan jika Anda menggunakan kendaraan tersebut di wilayah perkotaan dengan mayoritas jalan aspal. Pasalnya, daya cengkram ban tahu sangat rendah pada aspal, sehingga bisa meningkatkan resiko kecelakaan.

Untuk wilayah perkampungan, sebaiknya gunakan saja ban dual sport. Ban tahu khusus trail hanya boleh digunakan di medan ekstrim saja, seperti wilayah pegunungan dengan jalanan yang dipenuhi dengan tanah merah, dan medan ekstrim lainnya.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Penyebab Kopling Cepat Rusak

Makanya, ketimbang nekat mengganti ukuran ban tanpa perhitungan, sebaiknya kunjungi langsung bengkel resmi Suzuki saat akan melakukan pergantian ban. Disana, Anda bisa bertanya langsung pada mekanik Suzuki ban motor apa yang bisa Anda gunakan, dan aman untuk dikendarai.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-20-(1)-(1).jpg

Mempelajari Kinerja AC Mobil

Di tengah cuaca yang panas seperti saat ini, rasanya tidak mungkin bisa jika kita berkendara tanpa menghidupkan AC (air conditioner) terutama pada siang hari. AC merupakan komponen...

selengkapnya