Tips & Trik

Biar Aman dan Nyaman, Ini Ukuran Helm yang Tepat

PUBLISHED DATE : 15 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/ADDRESS_(2).jpg

Mengendarai sepeda motor memang terkesan lebih asyik daripada saat mengendarai mobil. Namun, keamanan selama berkendara juga perlu diperhatikan.

Salah satu kewajiban yang harus diperhatikan disini yaitu pengendara motor wajib menggunakan helm. Ukuran helm yang Anda gunakan tentunya juga harus sesuai. 

Penggunaan helm yang sesuai akan membuat Anda nyaman selama berkendara dan tidak merasa berat atau pusing. Oleh sebab itu, ukuran helm yang akan digunakan untuk mengendarai sepeda motor tidak boleh sembarangan dan harus sesuai SNI.

Ukuran Helm yang Tepat sesuai dengan Lingkar Kepala 

Baca Juga : Sepeda Motor Yang Paling Cocok Untuk Street Ride

Helm sebagai salah satu atribut berkendara yang menjadi kebutuhan Anda ternyata memiliki beberapa ukuran di pasaran.

Ukuran yang dibuat tentunya sudah disesuaikan dengan lingkar kepala mereka yang akan menggunakannya. Berikut ini adalah jenis helm yang telah disediakan dengan berbagai ukuran. 

  • Helm Ukuran XS

Untuk helm ukuran XS, merupakan jenis helm yang ukurannya paling kecil. Biasanya, yang paling cocok dengan ukuran XS adalah Anda yang memiliki lingkar kepala 53-54 cm. Helm dengan ukuran XS direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kepala ukuran kecil. 

  • Helm Ukuran S 

Baca Juga : Desain Mobil Yang Cocok Dengan Kendaraan Keluarga Anda

Bagi Anda yang memiliki lingkar kepala 55-56 cm, maka yang paling sesuai untuk digunakan adalah helm ukuran S. Helm dengan ukuran S sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan yang ukuran XS. Lingkar kepala dari kedua ukuran helmnya pun tidak terlalu jauh perbedaannya. 

  • Helm Ukuran M

Helm ukuran M akan cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki lingkar kepala 57-58 cm. Pada umumnya, M adalah ukuran yang cukup banyak dipilih oleh penggunaan helm. 

Ukuran yang sedang memang cenderung sesuai dengan ukuran lingkar kepala kebanyakan orang, sehingga dijadikan rujukan. 

  • Helm Ukuran L

Baca Juga : Komponen Penting Mobil Ini Wajib Diperiksa Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Biasanya, untuk helm ukuran L, akan tepat digunakan bagi Anda yang lingkar kepalanya berukuran 59-60 cm. Helm yang ukuran L tentu sudah termasuk pada ukuran yang besar dari ukuran-ukuran sebelumnya. Oleh sebab itu, apabila Anda memiliki lingkar kepala yang lumayan besar, maka pilihlah helm ini. 

  • Helm Ukuran XL

Selain L, ternyata ada ukuran helm yang lebih besar dan dapat Anda gunakan yaitu helm ukuran XL. Untuk lingkar kepala yang pas menggunakan helm ukuran XL adalah yang besarnya 61-62 cm. Sudah sangat jelas bahwa helm ukuran XL lebih besar dibandingkan ukuran L. 

  • Helm Ukuran XXL 

Ukuran selanjutnya untuk jenis helm yang dapat Anda pilih sebagai pemilik lingkar kepala 63-6 cm adalah helm ukuran XXL. Jika dilihat sepintas, helm tersebut tentunya cocok digunakan oleh orang dewasa dengan lingkar kepala yang cukup besar.

ADDRESS__1_

Cara Mengetahui Ukuran Helm yang Pas 

Beberapa dari Anda mungkin masih merasa bingung bagaimana cara yang tepat untuk dapat mengetahui helm dengan ukuran lingkar kepala yang pas. Kenyamanan helm yang digunakan untuk berkendara memang perlu diperhatikan, apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. 

Mulai sekarang, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika akan mendapatkan helm yang kurang pas. Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan ketika hendak memilih helm yang pas dan membuat nyaman ketika digunakan. 

  • Tidak Mudah Bergeser ketika Digunakan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ketika memilih helm adalah dengan mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan bahwa ketika helm digunakan tidak mudah bergeser ke kanan atau ke kiri.

Apabila helm yang Anda coba mudah bergeser, itu artinya ukuran tersebut tidak pas dengan lingkar kepala. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya