Tips & Trik

Tips Bedakan Pelek Asli dengan KW

PUBLISHED DATE : 23 Januari 2024

Tips Bedakan Pelek Asli Dengan KW

Membedakan antara velg asli dengan yang KW (palsu) sebenarnya mudah asalkan Anda hafal dengan ciri-ciri barang yang asli. Dari segi kualitas tentu velg palsu tidak sebagus yang resmi buatan produsen. 

Tingkat ketahanannya dan keawetannya juga tidak sama karena material dan proses pembuatannya berbeda. Maka tak heran bila velg palsu harga jauh lebih murah dari yang original buatan produsen resmi. 

Jika dibandingkan tentu velg original jauh lebih baik karena masa pakainya lebih lama meskipun harganya lebih mahal. Supaya tidak tertipu dengan barang palsu sebaiknya simak tips membedakan velg original dan replika berikut ini. 

Tips Membedakan Velg Asli dan Palsu

velg menjadi salah satu komponen penting dalam menunjang penampilan mobil. Mengganti velg ban bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin mengubah tampilan mobil menjadi lebih keren. 

Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai model velg di toko-toko otomotif terdekat. Selain produk kualitas OEM (original equipment manufacture) banyak toko otomotif yang menjual velg original import dan palsu. 

Jika ingin membeli yang asli sebaiknya kenali dulu cara membedakan velg original dengan yang palsu pada pembahasan berikut ini. 

  •  Harganya Jauh Lebih Murah

Sebelum membeli velg ada baiknya jika Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasarannya. velg kualitas OEM biasanya jauh lebih mahal dari yang palsu, perbedaan harganya bisa sampai 4 kali lipat dari velg palsu. 

Baca Juga : Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik

Misalnya, harga velg palsu ring 17 sekitar Rp5 juta maka harga barang yang asli bisa mencapai Rp20 juta – Rp25 juta. Tapi jangan terlalu berpatokan pada harga karena di luar banyak pedagang curang yang menjual velg palsu dengan harga setara yang asli. 

  •  Bobotnya Lebih Berat dari yang Asli

Cara membedakan velg asli dengan yang palsu berikutnya bisa dilihat dari bobot velg tersebut. Setelah menanyakan harga jangan langsung percaya bahwa velg tersebut asli, pastikan dulu beratnya terlebih dahulu agar tidak mudah ditipu penjual.

Pada umumnya velg kualitas original memiliki bobot yang lebih ringan dari yang palsu. Misalnya, velg palsu ring 17 beratnya sekitar 10 – 11 kilogram, maka yang asli beratnya hanya sekitar 6 kilogram saja. 

Melalui bobotnya Anda bisa mengetahui secara tepat mana velg yang asli dan mana yang palsu. Tapi cara ini tidak sepenuhnya akurat karena ada beberapa jenis velg yang beratnya hampir sama seperti yang palsu, contohnya velg ring 20. 

Jadi jangan menggunakan satu cara untuk mengecek keaslian velg mobil tapi gabungkan beberapa metode untuk mendapatkan hasil yang akurat.

  •  Memiliki Perbedaan Kualitas

Kualitas menjadi penilaian utama dalam membedakan antara velg yang asli dengan yang palsu. Kualitas velg palsu tentu lebih rendah karena proses pembuatannya menggunakan metode pengecoran. 

Sementara velg yang asli dibuat dengan cara ditempa sehingga hasilnya jauh lebih bagus. Selain dari proses pembentukannya, kualitas velg original bisa dikenali melalui hasil finishing-nya. 

velg yang asli memiliki hasil finishing yang rapi dan mulus sedangkan velg yang palsu terkesan asal-asalan dan terlihat berantakan. Misalnya, ada bagian berlubang di bagian dalam permukaannya dan warna catnya berbeda dengan yang velg bawaan pabrik. 

Detail kualitas finishing velg palsu memang tidak diperhatikan oleh pihak produsen mengingat harganya yang murah, sehingga dibuat secara asal-asalan. 

  •  Ukuran dan Dimensinya Berbeda

Jika ingin mengeceknya secara detail Anda bisa melakukan pengukuran agar mendapat jawaban yang akurat. Dimensi dan ukuran velg palsu biasanya tidak presisi dengan ukuran yang ada di spesifikasi aslinya. 

  •  Hasil Cetakan Logo dan Mereknya Kurang Bagus

Jangan lupa memperhatikan logo dan mereknya karena bagian tersebut cukup berpengaruh dalam membedakan velg asli dengan yang palsu. Hasil cetakan logo dan merek pada velg palsu biasanya terlihat buram dan kurang jelas. 

  •  Tidak Ada Nomor Seri atau Kode Produksi

Nomor seri atau kode produksi berfungsi untuk melacak keaslian velg, kode tersebut biasanya hanya ada pada velg yang asli. Jika velg tersebut tidak dilengkapi nomor seri maka kemungkinan besar barang tersebut palsu. 

  •  Tidak Dilengkapi Jaminan dan Sertifikat

Cara terakhir membedakan velg palsu dengan yang asli yaitu melalui kelengkapan sertifikat dan jaminan keasliannya. Sudah pasti velg palsu tidak memiliki jaminan dan sertifikat yang resmi, sehingga tidak ada masa garansi saat Anda membelinya. 

  •  Dilengkapi Dop 

Pada umumnya velg yang asli tidak dilengkapi dop karena bagian tersebut dijual secara terpisah. Sedangkan velg palsu umumnya sudah dilengkapi dop meskipun harga jauh lebih murah. 

Ciri-ciri Velg Asli yang Wajib Dipahami

Selain mengenal cara membedakan velg original dengan yang palsu Anda juga wajib memahami ciri-ciri velg yang asli. Agar nanti tidak salah membeli atau ditipu oleh penjual yang curang. Berikut tanda-tanda velg original secara umum. 

  •  Memiliki Garansi Resmi

velg yang asli selalu dilengkapi dengan kartu garansi untuk menjamin jika terjadi kerusakan. Di dalamnya juga terdapat sertifikat yang menjamin keasliannya. 

  •  Dimensi dan Bobotnya Sama Seperti Bawaan Pabrik

velg ban yang asli pasti memiliki ukuran dan bobot yang sama dengan spesifikasi yang dicantumkan oleh pihak produsen mobil. Dengan begitu, performa mobil tidak akan terganggu karena ukuran dan beratnya mengikuti standar asli pabrikan.

  •  Nomor Seri Bisa Dilacak

velg asli selalu dilengkapi dengan nomor seri yang bisa dilacak untuk mengecek status keasliannya. Jika nomor seri tidak terdaftar itu artinya velg tersebut merupakan produk palsu. 

  •  Kokoh dan Awet

Baca Juga : Awas, Ini Gejala Sensor ECT Rusak & Cara Mencegahnya

Berbeda dengan yang palsu, velg mobil asli dibuat dari material berkualitas tinggi, sehingga sangat kokoh dan awet. velg palsu biasanya lebih mudah retak dan penyok saat terkena benturan, sehingga lebih cepat rusak. 

Tips Membeli Velg Mobil Agar Terhindar dari yang Palsu

Jika tidak mau tertipu barang palsu Anda harus berhati-hati saat membeli velg di toko otomotif yang kredibilitasnya kurang terjamin. Supaya tidak tertipu sebaiknya lakukan tips berikut saat membeli velg mobil. 

  • Jangan Sembarangan Memilih Toko

Untuk menghindari penjual curang sebaiknya jangan memilih toko yang memiliki reputasi buruk. Tidak harus di dealer resmi yang terpenting toko tersebut memiliki kredibilitas yang bagus dan sudah dipercaya banyak orang.

  •  Jangan Tergoda Harga Murah

Harga velg yang asli memang jauh lebih mahal tapi kualitasnya bagus dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. 

Membeli velg palsu dengan harga murah hanya akan membuang-buang uang karena masa pakainya hanya sebentar. Ditambah lagi tidak ada masa garansi yang menjamin jika terjadi kerusakan. 

  •  Periksa Kemasan dan Kelengkapannya

velg mobil yang asli selalu menggunakan kemasan berkualitas dan dilengkapi dengan surat-surat yang berisi informasi produk, kartu garansi, dan kelengkapan lainnya. 

  •  Membeli di Dealer Resmi

Jika tidak mau ribet mengecek keasliannya, Anda bisa pergi ke dealer resmi terdekat untuk mendapatkan velg mobil yang sudah terjamin keasliannya. 

Itulah tadi tips dan cara mendapatkan velg mobil asli yang terjamin kualitasnya. Pada intinya membeli sparepart mobil sebaiknya dilakukan di toko atau dealer resmi agar terhindar dari barang palsu.

Jika Anda ingin mengganti velg dalam waktu dekat lebih baik pergi ke dealer Suzuki untuk mendapat velg asli yang terjamin kualitasnya. Selain menyediakan sparepart original, dealer resmi Suzuki juga menawarkan jasa pemasangan dengan bantuan teknisi profesional.

Berita Lainnya