Tips & Trik

Tips Bedakan Pelek Asli dengan KW

PUBLISHED DATE : 23 Januari 2024

Tips Bedakan Pelek Asli Dengan KW

velg yang asli memiliki hasil finishing yang rapi dan mulus sedangkan velg yang palsu terkesan asal-asalan dan terlihat berantakan. Misalnya, ada bagian berlubang di bagian dalam permukaannya dan warna catnya berbeda dengan yang velg bawaan pabrik. 

Detail kualitas finishing velg palsu memang tidak diperhatikan oleh pihak produsen mengingat harganya yang murah, sehingga dibuat secara asal-asalan. 

  •  Ukuran dan Dimensinya Berbeda

Jika ingin mengeceknya secara detail Anda bisa melakukan pengukuran agar mendapat jawaban yang akurat. Dimensi dan ukuran velg palsu biasanya tidak presisi dengan ukuran yang ada di spesifikasi aslinya. 

  •  Hasil Cetakan Logo dan Mereknya Kurang Bagus

Jangan lupa memperhatikan logo dan mereknya karena bagian tersebut cukup berpengaruh dalam membedakan velg asli dengan yang palsu. Hasil cetakan logo dan merek pada velg palsu biasanya terlihat buram dan kurang jelas. 

  •  Tidak Ada Nomor Seri atau Kode Produksi

Nomor seri atau kode produksi berfungsi untuk melacak keaslian velg, kode tersebut biasanya hanya ada pada velg yang asli. Jika velg tersebut tidak dilengkapi nomor seri maka kemungkinan besar barang tersebut palsu. 

  •  Tidak Dilengkapi Jaminan dan Sertifikat

Baca Juga : Penyebab Sokbreker Depan Motor Rawan Bocor Saat Musim Hujan

Cara terakhir membedakan velg palsu dengan yang asli yaitu melalui kelengkapan sertifikat dan jaminan keasliannya. Sudah pasti velg palsu tidak memiliki jaminan dan sertifikat yang resmi, sehingga tidak ada masa garansi saat Anda membelinya. 

  •  Dilengkapi Dop 

Pada umumnya velg yang asli tidak dilengkapi dop karena bagian tersebut dijual secara terpisah. Sedangkan velg palsu umumnya sudah dilengkapi dop meskipun harga jauh lebih murah. 

Ciri-ciri Velg Asli yang Wajib Dipahami

Selain mengenal cara membedakan velg original dengan yang palsu Anda juga wajib memahami ciri-ciri velg yang asli. Agar nanti tidak salah membeli atau ditipu oleh penjual yang curang. Berikut tanda-tanda velg original secara umum. 

  •  Memiliki Garansi Resmi

velg yang asli selalu dilengkapi dengan kartu garansi untuk menjamin jika terjadi kerusakan. Di dalamnya juga terdapat sertifikat yang menjamin keasliannya. 

  •  Dimensi dan Bobotnya Sama Seperti Bawaan Pabrik

velg ban yang asli pasti memiliki ukuran dan bobot yang sama dengan spesifikasi yang dicantumkan oleh pihak produsen mobil. Dengan begitu, performa mobil tidak akan terganggu karena ukuran dan beratnya mengikuti standar asli pabrikan.

  •  Nomor Seri Bisa Dilacak

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya