Tips & Trik

Pentingnya Pergantian Filter Udara Kabin untuk Kesehatan

PUBLISHED DATE : 17 Desember 2023

Filter Udara1

Sebaiknya, cek buku manual servis atau panduan pengguna kendaraan Anda untuk mengetahui lokasi yang tepat, sebab setiap jenis mobil kemungkinan lokasinya akan sedikit berbeda.

  • Pastikan Kendaraan Mati dan Terparkir dengan Aman

Sebelum memulai penggantian, pastikan kendaraan dalam keadaan mati dan sudah diparkir dengan aman. Jangan lupa juga aktifkan rem tangan untuk menghindari pergerakan yang tidak diinginkan.

  • Buka Glove Box atau Panel Akses

Jika filter kabin Anda terletak di glove box (kompartemen yang terpasang di dashboard mobil), buka kotak tersebut untuk mengganti filternya. Namun, ada juga jenis kendaraan yang filter kabinnya berada di area panel akses.

  • Lepaskan Filter Lama

Setelah membuka kotak atau panel, lepaskan filter lama dengan hati-hati. Perhatikan arah pemasangan filter kabin yang lama untuk membantu Anda mengetahui cara memasangnya kembali dengan benar.

  • Bersihkan Area Sekitar

Jika filter lama sudah dilepas, sebaiknya bersihkan area sekitarnya dari debu atau kotoran yang mungkin terakumulasi. Gunakan penyedot debu atau lap bersih untuk membersihkan area tersebut.

  • Pasang Filter Baru

Baca Juga : Cara Memilih Sepeda Motor Sesuai Dengan Kebutuhan Dan Kepribadian Anda

Selanjutnya, tempatkan  filter kabin yang baru dengan memperhatikan arah pemasangan. Biasanya, simbol tanda panah yang tercetak pada filter menunjukkan arah aliran udara. Jadi, pastikan filter terpasang dengan benar sesuai petunjuk.

  • Tutup Ulang Kotak atau Panel dengan Rapat

Setelah mengganti filter, pastikan untuk menutup kembali glove box atau panel dengan rapat. Pastikan tidak ada celah yang dapat memungkinkan udara kotor masuk ke dalam sistem.

  • Periksa Hasil Pemasangan

Sebelum menghidupkan mesin, periksa fungsionalitas sistem HVAC dengan menghidupkan AC atau sistem pemanas terlebih dahulu. Pastikan aliran udaranya  normal dan tidak ada suara aneh yang muncul setelah penggantian filter dilakukan.

Jika kondisi aliran udara mobil setelah proses penggantian filter tetap normal dan tidak ada masalah, Anda sudah bisa menghidupkan mesin kembali. Jangan lupa juga untuk mencatat tanggal penggantian filter tersebut sebagai referensi jadwal penggantian selanjutnya.

Namun agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya lakukan penggantian filter udara kabin langsung di bengkel resmi terdekat. Selain itu, jangan lupa untuk memilih filter baru yang berkualitas dan tahan lama!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Ban Mobil Pecah

Penanganan Ketika Ban Mobil Pecah

Ban mobil pecah di tengah jalan bisa menimbulkan kepanikan dan mengundang bahaya. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, masih banyak pengendara yang merasa tidak siap dan bingung harus ...

selengkapnya