Tips & Trik

Panduan Memilih Mobil Keluarga Terbaik

PUBLISHED DATE : 21 Februari 2024

Mobil Keluarga

Ada banyak sekali tipe mobil yang bisa Anda jumpai saat ini. Namun, tidak semuanya cocok untuk diandalkan sebagai mobil keluarga. Penting sekali bagi Anda untuk memilih mana tipe mobil yang tepat agar bisa dipakai bersama keluarga tercinta. 

Jenis mobil untuk keluarga Anda sebaiknya bisa mengakomodasi kebutuhan sebaik mungkin. Apalagi jika anggota keluarga cukup banyak dan sering bepergian. Mari cari tahu lebih lengkap panduan dalam memilih tipe mobil ini. 

Memilih Mobil Keluarga yang Tepat

Pemilihan kendaraan atau mobil untuk dipakai oleh keluarga memang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sampai akhirnya bisa menjatuhkan pilihan pada tipe mobil yang tepat. 

Apalagi saat ini ada banyak sekali tipe mobil yang muncul dari berbagai merek. Berikut ini beberapa panduan memilih mobil keluarga terbaik yang bisa Anda perhatikan agar tidak salah beli:

  • Perhatikan Kapasitas Jumlah Penumpang

Pertama-tama perhatikan dulu berapa kapasitas jumlah penumpang yang dimiliki oleh mobil tersebut. Masalah kapasitas ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena akan jadi sulit jika Anda memilih mobil dengan kapasitas yang kurang tepat. 

Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika Anda membeli mobil dengan kapasitas yang kurang dari jumlah anggota keluarga. Pasti akan sulit untuk bepergian membawa semua keluarga Anda dan fungsi mobil jadi kurang efektif. 

Kapasitas mobil keluarga memang rata-rata dibuat cukup besar. Paling tidak satu mobil bisa dipakai untuk berkendara 6-8 orang. Namun Anda bisa menyesuaikan kembali dengan kondisi keluarga masing-masing. 

  • Ketahui Kapasitas Mesin Mobil

Sudah pasti kapasitas mesin menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Cari tahu seperti apa kapasitas mesin mobil yang akan dibeli dan pastikan sesuai dengan kebutuhan pemakaian. 

Kapasitas mesin mobil ini akan dinyatakan lewat besaran volume silinder piston mesin. Semakin besar kapasitas yang dimiliki maka akan semakin besar juga tenaga yang bisa diproduksi oleh mesin mobil tersebut. 

Perlu diketahui bahwa kapasitas mesin ini juga biasanya berpengaruh pada harga mobil. Jadi sesuaikan saja pilihan mobil Anda dengan kebutuhan pemakaian serta bajet yang tersedia. 

  • Pertimbangkan Konsumsi Bahan Bakar

Setiap kali menggunakan mobil maka Anda juga harus mempertimbangkan pemakaian bahan bakarnya. Konsumsi bahan bakar ini menjadi salah satu poin penting yang perlu diperiksa kembali sebelum Anda membeli mobil. 

Nantinya konsumsi bahan bakar ini akan berpengaruh pada biaya pemakaian serta perawatan yang harus Anda keluarkan. Jadi pastikan untuk tidak salah pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Jika ingin menghemat biaya konsumsi bahan bakar, maka cobalah cek jarak tempuh optimal mobil untuk 1 liter bahan bakar yang dikonsumsi. Jika jarak tempuhnya semakin jauh maka mobil tersebut semakin irit bahan bakar. 

Konsumsi bahan bakar dan jenisnya ini seringkali tidak diperhitungkan terlebih dahulu. Padahal ini akan sangat berpengaruh pada pengeluaran Anda selama menggunakan mobil tersebut, apalagi jika terbilang sering bepergian. 

  • Cek Jenis Transmisi Mobil

Tentu saja Anda juga perlu mengecek jenis transmisi sebuah mobil sebelum membelinya. Jenis transmisi ini nantinya akan berpengaruh pada kemudahan Anda saat berkendara. 

Baca Juga : Cara Membedakan Spare Part Asli Atau Palsu

Saat ini ada dua tipe transmisi mobil yang bisa Anda jumpai yaitu transmisi manual dan otomatis. Anda biasa menyebutnya sebagai mobil matic atau mobil manual. Mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebiasaan mengemudi Anda?

Tentunya pilihan ini sangat dipengaruhi oleh penilaian masing-masing pengguna. Pilihlah mobil keluarga dengan sistem transmisi yang tepat sesuai preferensi Anda. Jangan lupa pertimbangkan juga langkah perawatan untuk masing-masing tipe mobil. 

Selain itu Anda juga perlu berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain terkait pilihan jenis transmisi mobil ini. Misalnya saja ada anggota keluarga lain yang hanya bisa mengemudi pakai mobil matic, maka ini harus jadi bahan pertimbangan. 

  • Perhatikan Fitur Keselamatan

Mobil keluarga yang Anda beli tentunya harus memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Apalagi saat ini teknologi sudah berkembang canggih dan mobil-mobil keluaran baru sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang beragam. 

Tentu akan jauh lebih baik jika Anda bisa membeli mobil dengan fitur keselamatan yang lengkap. Hal ini akan meningkatkan keamanan sekaligus kenyamanan setiap anggota keluarga saat bepergian menggunakan mobil tersebut. 

Tanyakan secara detail apa saja jenis fitur keselamatan yang tersedia dan seperti apa cara pemakaiannya. Apalagi jika Anda memiliki anak-anak dan lansia di dalam keluarga yang juga sering menggunakan mobil. 

  • Pastikan Mobilnya Nyaman untuk Keluarga

Selain itu perhatikan juga faktor kenyamanan karena hal ini sangatlah penting bagi pengguna mobil. Pastikan mobil tersebut tidak hanya aman namun juga cukup nyaman untuk digunakan oleh pengemudi maupun para penumpang. 

Cobalah untuk memeriksa apa saja fitur pelengkap yang ada di dalam mobil. Selain itu perhatikan juga desain tempat duduknya, bagaimana kualitas AC yang bekerja di dalam kabin, apakah bagian dalam kabin sudah kedap suara atau belum. 

Banyak hal yang harus diperhatikan di sini sampai akhirnya Anda bisa menentukan bahwa mobil tersebut cukup nyaman untuk dipakai. Pastikan fasilitas dan fitur yang ada di dalam mobil benar-benar akan mengakomodasi kebutuhan dengan baik. 

Kenyamanan mobil ini bisa diketahui jika Anda melihat secara langsung. Selain itu Anda juga perlu mencoba mengemudikan mobil tersebut agar bisa memberikan penilaian yang lebih tepat terkait kenyamanan bagi pengguna. 

  • Perhitungkan Bujet dengan Cermat

Sudah pasti Anda harus memperhitungkan bujet dengan cermat sebelum membeli mobil keluarga impian. Masalah bujet ini memang seringkali membuat Anda bingung karena bisa jadi mobil yang sudah ditargetkan malah berada di luar anggaran. 

Namun sebaiknya Anda tetap berpegang pada ketersediaan bajet atau dana untuk membeli mobil. Selanjutnya Anda bisa mencari tahu jenis mobil apa yang harganya masuk ke rencana bujet tersebut. 

Saat ini ada banyak sekali pilihan tipe mobil yang beredar di pasaran. Jadi bukan hal yang sulit untuk mendapatkan beberapa rekomendasi mobil yang tepat. Tinggal Anda saja yang menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian dan kenyamanan keluarga. 

  • Lakukan Test Drive

Jika Anda sudah menemukan tipe mobil yang tepat untuk dibeli, lakukan test drive terlebih dahulu. Test drive ini sangat penting untuk dilakukan supaya Anda bisa memberi penilaian yang lebih jauh dan akurat terkait mobil tersebut. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Berkendara Di Gang Sempit

Strategi Berkendara di Gang Sempit

Ketika sedang berkendara, seringkali Anda harus melintasi berbagai jenis medan yang beragam, salah satunya yaitu gang sempit. Berkendara di gang sempit mungkin terasa sulit bagi se...

selengkapnya