Tips & Trik

Pentingnya Pergantian Filter Udara Kabin untuk Kesehatan

PUBLISHED DATE : 17 Desember 2023

Filter Udara1

Filter kabin memiliki dampak langsung pada kinerja sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC) dalam kendaraan. Ketika filter kabin bersih, udara yang masuk ke dalam kabin tidak terkontaminasi oleh kotoran dan partikel-partikel kecil.

Hal ini tidak hanya menjaga kualitas udara, tetapi juga membantu menjaga kinerja sistem AC, pemanas, dan ventilasi. Sebaliknya, filter yang kotor dan tersumbat dapat menyebabkan beban kerja berlebih pada sistem HVAC.

  • Menjaga Kesehatan Mesin Kendaraan

Selain manfaat bagi kesehatan pengemudi dan penumpang, penggantian filter udara kabin secara rutin juga berkontribusi penting bagi kesehatan mesin kendaraan secara keseluruhan.

Meskipun secara langsung tidak terkait dengan kesehatan manusia, kesehatan mesin kendaraan tetap menjadi faktor penting untuk memastikan kendaraan beroperasi dengan baik dan aman.

Kapan Waktu Ideal untuk Penggantian Filter Kabin?

Penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti filter kabin, agar Anda bisa menjaga kualitas udara di dalam kendaraan. Sebagai panduan umum, pabrikan umumnya merekomendasikan penggantian setiap 10.000 kilometer atau enam bulan sekali.

Baca Juga : Tips Memanaskan Motor yang Tepat dan Efektif

Namun, beberapa faktor khusus dapat mempengaruhi frekuensi penggantian yang dianjurkan. Contohnya seperti kondisi lingkungan tempat Anda mengemudi, polusi udara, hingga jumlah penggunaan AC.

Jika Anda sering berkendara di daerah berdebu atau banyak pepohonan, lebih baik periksa kondisi filter setiap empat hingga lima bulan sekali. Begitupun jika Anda sering menggunakan AC, karena filter kabin akan bekerja lebih keras untuk menyaring udara.

Tanda-tanda filter kabin yang perlu diganti antara lain muncul bau tidak sedap saat menghidupkan AC, terjadi penurunan aliran udara, atau udara kendaraan terasa lebih berdebu dan lebih sesak dari biasanya.

Panduan Cara Mengganti Filter Kabin Mobil

Lalu, bagaimana cara mengganti filter udara kabin mobil dengan baik dan benar? Sebagai panduan, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Identifikasi Lokasi Filter Kabin

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi lokasi filter kabin di dalam kendaraan. Biasanya, filter ini terletak di area bawah dashboard dan dekat dengan area penumpang.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya