Tips & Trik

Cara Tepat Mencuci Mobil Hingga Membersihkan Ke Bagian Mesin

PUBLISHED DATE : 08 September 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Aug-Blog-27-(1)-(1).jpg

Mencuci mobil cara merawat mobil yang paling sederhana. Sering mencuci mobil tak hanya bisa membuat mobil jadi tetap bersih, tapi juga bisa menjaga komponen mobil agar tetap bersih dan terhindar dari karat. Sehingga mobil tak hanya jadi kinclong tapi juga lebih awet. Tapi mencuci mobil tak boleh sembarang, ada langkah mencuci mobil yang benar agar tidak terjadi bodi mobil baret akibat cara menggosok bodi mobil yang salah atau komponen mobil yang konslet akibat terendam air saat membersihkan mesin. 

Agar terhindar dari hal tersebut, ikutin cara tepat untuk mencuci mobil di bawah ini: 

  • Siapkan Perlengkapan Mencuci Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya menyiapkan seperangkat peralatan mencuci Anda mulai dari sabun, selang air, ember shampoo, spons dan kain microfiber untuk mengelap mobil setelah mencuci selesai. Agar tidak repot bolak balik, pastikan seluruh perlengkapan ini sudah siap di dekat Anda. 

  • Bilas Mobil Dengan Air Bersih Yang Mengalir

Baca Juga : Apa keunggulan dari mobil hybrid?

Sebelum mulai mencuci, bilaslah dulu mobil memakai air bersih yang mengalir. Pakailah selang air yang cukup panjang untuk mengalirkan air bersih ke seluruh permukaan bodi mobil. Jika Anda memiliki semprotan dengan tekanan tinggi juga akan lebih baik lagi, sebab benda ini akan membantu kotoran dan debu yang menempel jadi rontok sebelum kita menggosoknya. Namun perlu diingat ketika melakukan penyemprotan dengan air bertekanan tinggi, jangan semprot secara frontal atau dari depan. Semprotlah dengan cara menyamping agar bodi mobil tetap awet dan tidak lecet karena gesekan keras antara air dan kotoran-kotoran yang menempel di permukaannya.

  • Gunakan Produk Khusus Untuk Mencuci Mobil

Beberapa dari Anda mungkin kerap mencuci mobil dengan sembarang sabun atau detergen, seperti deterjen pakaian atau sabun cuci piring. Hal ini sebaiknya jangan dilakukan lagi. Sebab tidak semua cairan ataupun sabun cuci memiliki pH yang cocok untuk permukaan mobil. Karenanya pilihlah sabun dan shampoo khusus untuk mencuci mobil yang tepat dan bisa membuat zat korosif air menjadi pH yang seimbang. Lalu ketika Anda menemukan kotoran atau jamur membandel pada bodi dan tak mau hilang setelah dicuci, jangan buru-buru menggosoknya dengan terlalu keras. Ini akan merusak lapisan cat pada mobil. Gunakan pembersih khusus jamur yang bisa menyerap ke pori-pori permukaan mobil dan membasmi jamur membandel. 

  • Cuci Mobil Dari Bagian Atas Ke Bawah

Bagian bawah mobil tentu jadi bagian yang paling kotor karena terkena lumpur dan tanah. Karenanya mulailah menggosok bagian permukaan mobil dari bagian paling atas terlebih dahulu agar air sabun mengalir ke bagian bawah dan melunakkan sisa lumpur yang belum terlepas ketika dibilas air bersih sebelumnya. Gunakan spons khusus yang lembut dan air sabun/shampoo mobil untuk membersihkannya. Pastikan juga Anda sekaligus mencuci ban mobil dan bagian detail mobil lainnya. Jika semua permukaan sudah disabuni, bilaslah kembali dengan air bersih dan pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal. Sebab sisa sabun yang dibiarkan mengiring juga bisa memicu noda titik-titik pada permukaan mobil. 

  • Gunakan Kain Microfiber Untuk Mengeringkan Dan Mencuci Bagian Dalam Mesin

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Pada Mobil

Jika mobil sudah bersih, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengeringkannya. Beberapa dari Anda mungkin masih menggunakan chamois atau kanebo untuk mengelap permukaan mobil. Padahal, menggunakan kain microfiber yang lembut lebih aman daripada chamois. Sebab kain microfiber yang lembut tidak meninggalkan goresan dan punya daya serap kuat, sehingga cocok untuk digunakan untuk permukaan mobil, dashboard hingga kaca. 

Kain microfiber juga bisa Anda gunakan untuk mencuci bagian mesin. Perlu Anda ketahui, jika tidak semua bagian mesin bisa Anda siram dengan air begitu saja. Sebagian komponen bahkan tidak boleh terkena air sebab akan menimbulkan masalah kelistrikan. Jadi solusinya, cara aman mencuci atau membersihkan ruang mesin adalah dengan menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi air sebelumnya. Tentunya air yang digunakan secukupnya saja. Selain itu campurkan air terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, penghilang debu, dan grease sebelum menggosok permukaannya secara perlahan. Hindari menggosok dengan keras ketika membersihkan ruang mesin mobil, sebab pada bagian mesin terdapat ECU yang tidak boleh terkena air. 


Itulah tadi cara tepat mencuci mobil hingga membersihkan bagian dalam mesin yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun jika Anda ingin mencuci mobil secara lebih menyeluruh lagi sekaligus melakukan perawatan ekstra pada bodi mobil, Anda bisa langsung mengunjungi bengkel Suzuki. Tak hanya mendapatkan layanan perawatan yang Anda inginkan, dapatkan juga kemudahan membeli suku cadang mobil Suzuki yang dijamin 100% asli di sini!

Baca Juga : Apa itu WFH dan Tips Kerja di Rumah Efisien

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-25.jpg

Apa keunggulan dari mobil hybrid?

Mobil hybrid saat ini sedang naik daun dan jadi topik pembicaraan para pecinta otomotif. Mobil ini adalah kendaraan yang tenaganya dihasilkan dari dua tipe mesin yang berbeda, yait...

selengkapnya