Tips & Trik

Cara Tepat Mencuci Mobil Hingga Membersihkan Ke Bagian Mesin

PUBLISHED DATE : 30 Oktober 2023

Cuci Mobil

Jika Anda membukanya, maka bisa saja ada berbagai tetesan air yang masuk ke dalam mobil dan menimbulkan berbagai noda baru.

  • Bersihkan Bagian Mesin

Perlu diketahui bahwa tidak semua komponen mobil bisa dicuci seperti langkah-langkah di atas. Misalnya, untuk bagian mesin mobil yang memerlukan metode tersendiri karena tidak bisa secara langsung disiram dengan air.

Untuk sebagian komponen, jika langsung terkena air, bisa saja menimbulkan masalah kelistrikan. Hal ini selanjutnya bisa menimbulkan risiko bahaya, baik bagi kualitas komponennya maupun bagi pengguna mobil nantinya.

Maka dari itu, untuk membersihkan bagian mesin mobil, Anda bisa memanfaatkan kain microfiber yang telah dibasahi dengan air. Gunakan air secukupnya, supaya tidak mengganggu berbagai komponen kelistrikan.

Anda dapat mencampurkan air bersih dengan cairan penghilang noda, supaya hasilnya lebih maksimal.

Selanjutnya, gosok bagian mesin mobil dengan lembut. Pastikan bahwa Anda melakukannya dengan hati-hari, jangan sampai menimbulkan goresan atau kerusakan di sana!

  • Lakukan Pencucian Mobil secara Rutin

Setelah mengetahui berbagai langkah di atas, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu sebaiknya Anda mencuci kendaraan secara rutin. Dengan pembersihan rutin, maka kebersihan dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga : Penyebab & Dampak Buruk Dari Kebocoran Cairan Power Steering

Selain itu, jika Anda tidak rajin mencuci kendaraan, maka berbagai kotoran yang menempel bisa saja menjadi lebih sulit dihilangkan. Hal tersebut juga bisa berdampak terhadap kondisi komponen mobil, sehingga sebaiknya dicegah.

Ketika mobil sudah tampak kotor, maka jangan tunda untuk mencucinya. Biasanya, mobil akan cepat kotor jika sudah memasuki musim hujan, atau ketika Anda sering melintas di area tanah atau berlumpur.

  • Hindari Cuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Hal lain yang sebaiknya diperhatikan yaitu usahakan untuk tidak mencuci kendaraan di bawah terik matahari secara langsung. Hal ini bisa memicu pertumbuhan jamur di berbagai bagian mobil.

Jika Anda tidak memiliki area yang tertutup atap, maka sebaiknya lakukan pencucian pada pagi atau sore hari, ketika sinar mataharinya tidak terlalu panas.

Itulah berbagai langkah dan tips yang bisa Anda lakukan ketika akan mencuci dan membersihkan mobil.

Dengan melakukan pencucian secara rutin, maka Anda dapat membuat mobil tetap bersih, kinclong, serta berbagai komponennya tetap terjaga dengan baik. Karena cara tersebut tergolong cukup mudah, maka Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Namun, jika ingin cuci mobil dengan lebih menyeluruh serta sekaligus melakukan berbagai perawatan dan pengecekan lainnya, maka Anda bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Suzuki. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai kebutuhan suku cadang asli!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya