Tips & Trik

Apa Itu Social & Physical Distancing? Bagaimana Cara Melakukannya?

PUBLISHED DATE : 29 Mei 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/143185617_s.jpg

Virus corona (Covid-19) merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Pemerintah terus melakukan kebijakan dan himbauan kepada masyarakat untuk mengatasi penyebaran virus tersebut. Termasuk diantaranya himbauan untuk melakukan social distancing.

Kini ada beberapa yang lebih cenderung menyebutnya sebagai physical distancing. Kebijakan serupa pada dasarnya telah diterapkan berbagai instansi. Hal ini sebagaimana pula yang telah diterapkan oleh di setiap dealer Suzuki.

Pengertian Social Distancing

Baca Juga : Jenis-jenis Mobil yang Cocok Sesuai dengan Profesi

Apa itu social distancing? Pengertian istilah ini adalah salah satu mencegah dan mengendalikan infeksi virus corona dengan menjaga jarak sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan orang di sekitar Anda dan membatasi kunjungan di tempat yang ramai.

Istilah itu saat ini lebih dikenal dengan physical distancing. Apabila Anda terpaksa harus berada di sekitar beberapa orang, maka berilah jarak sekitar 2 meter atau 6 kaki dengan orang tersebut. Khususnya jika orang itu mengalami bersin atau batuk, jauhkan diri Anda darinya agar lebih aman.

Virus itu sangat mudah menular saat masa inkubasi atau gejala masih ringan. Pada beberapa orang ada juga yang sudah terinfeksi, namun tidak merasakan gejala apapun. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk berhati-hati dengan menjaga jarak saat bertemu orang lain terutama orang yang di luar rumah.

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Bedanya Modifikasi dan Custom Kendaraan

Physical distancing merupakan himbauan untuk melakukan peningkatan ruang fisik dengan orang lain agar penyebaran penyakit terhindar. Salah satu contohnya adalah dengan membatalkan atau membubarkan acara yang menarik perhatian orang banyak, seperti pernikahan, festival, dan lain-lain.

Pentingnya Melakukan Social maupun Physical Distancing

146438341_s

Baca Juga : Ketahui Resiko Sebelum Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini sangat perlu untuk melakukan physical distancing. Hal ini untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang disekitar Anda. Pasti Anda tidak mau jika keluarga terinfeksi virus ini.

Virus corona telah menyebabkan beberapa gangguan sistem pernafasan, hingga diantaranya harus meninggal karena terinfeksi virus ini. Hal ini menyebabkan persentase kematian di Indonesia sangat tinggi karena virus itu.

Oleh sebab itu, seluruh masyarakat Indonesia harus ikut berpartisipasi dalam melawan virus ini. Salah satunya dengan menaati himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

Penerapan physical distancing dapat dilakukan dengan beberapa hal, seperti menunda agenda yang dihadiri banyak orang. Kemudian, jangan mengunjungi orang sakit sementara waktu, terapkan WFH atau bekerja dari rumah, dan menerapkan sistem pembelajaran secara online bagi pelajar.

Persiapan Social dan Physical Distancing

Saat menjalani social dan physical distancing untuk menghadapi virus ini, ada beberapa hal perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mencukupi Kebutuhan Harian

    Kebutuhan pokok seperti sabun, stok makanan, disinfektan serta kebutuhan sehari-hari perlu Anda siapkan disini. Namun, yang perlu untuk diperhatikan adalah menghindari punic buying karena itu akan mendatangkan masalah baru. Belilah kebutuhan seperlunya saja.

  2. Mempersiapkan Akses Internet

    Akses internet merupakan hal yang penting untuk melakukan kegiatan bekerja dan belajar dari rumah. Selain itu, akses internet juga bisa berfungsi untuk mencari informasi tentang perkembangan virus corona ini. Oleh sebab itu, Wi-Fi atau kuota internet perlu Anda persiapkan di rumah secukupnya.

  3. Merencanakan Kegiatan
    Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya