Tips & Trik

5 Bunyi Mengganggu Pada Mobil Yang Harus Anda Perhatikan

PUBLISHED DATE : 10 Oktober 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-6-(1).jpg

Semua orang tentu mendambakan kenyamanan ketika berada dalam kabin mobil dan berkendara. Namun sayangnya kerap kali kita terganggu dengan bunyi-bunyi dari komponen mobil. Hal ini tidak boleh Anda sepelekan, sebab munculnya bunyi mengganggu bisa jadi adalah gejala ada gangguan pada komponen tertentu yang perlu diperbaiki. Kalau sudah seperti ini, tentunya harus dilakukan pemeriksaan agar mengetahui titik masalah dan dilakukan perbaikan dengan segera.

Berikut adalah 5 bunyi mengganggu yang sering terjadi pada mobil dan harus Anda perhatikan:

  • Bunyi Berdecit Fan Belt

Salah satu sumber bunyi yang kerap mengganggu adalah bunyi berdecit dari fan belt. Kebisingan sabuk mesin mobil ini biasanya disebabkan karena kualitas dari fan belt yang mulai menurun sehingga terjadi selip. Kualitas fan belt yang menurun ini dipicu oleh beberapa faktor seperti usia pakai bahkan kerusakan akibat kondisi fan belt yang kotor. Kerusakan pada fan belt ini tidak hanya menyebabkan kebisingan sabuk mesin mobil tapi juga bisa menyebabkan sistem yang ada di sekitarnya seperti alternator, AC dan water pump jadi kurang optimal. Karenanya jika saat berkendara Anda mendengar bunyi decit mengganggu secara terus menerus, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan. 

  • Mesin Mobil Berbunyi Ngelitik

Baca Juga : Tak Cuma di Kursi Depan, Penumpang di Kursi Belakang Juga Sebaiknya Pakai Sabuk Pengaman

Engine knocking atau biasa akrab disebut mesin ngelitik adalah kondisi di mana muncul bunyi mirip suara mesin tik yang berasal dari mesin. Gejala ini tidak boleh disepelekan, sebab akan berdampak buruk pada performa dan daya tahan mesin. Penyebab dari mesin mengeluarkan suara mesin tik adalah terjadinya masalah pada proses pembakaran. Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai biasanya jadi pemicu utama masalah ini. Akibatnya jadi timbul getaran pada ruang silinder mesin ketika mesin sedang bekerja. Tak hanya menimbulkan suara suara mesin tik yang mengganggu, masalah ini juga membuat kerja mesin semakin berat serta jadi lebih boros bensin serta memicu risiko jangka panjang dari keausan komponen mesin. Maka dari itu jika Anda mendengar suara mesin tik dari mobil Anda, segeralah lakukan pemeriksaan. 

  • Kompresor AC Mendengung

Bunyi mengganggu pada kompresor AC biasanya disebabkan oleh kurangnya pelumas. Komponen pada kompresor yang saling bergesekan dan aus akan menimbulkan bunyi degung. Bukan cuma mengganggu saja, bunyi pada kompresor AC ini adalah gejala gangguan AC yang jika tidak ditangani akan membuat kinerjanya jadi tidak optimal. Terlebih jika kondisi freon AC tersumbat, akibatnya AC jadi tidak dingin dan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. 

  • Bunyi Pada Ban Mobil

Bunyi mendengung tak hanya ditimbulkan dari mesin atau kompresor AC saja, ban mobil yang benjol atau bergelombang juga bisa menimbulkan bunyi yang tidak nyaman didengar. Kerusakan pada ban biasanya dilatarbelakangi oleh usia pakai ban atau cara berkendara yang salah, seperti sering menghantam lubang dan jalanan rusak tanpa mengurangi kecepatan misalnya. Ketika mendengar bunyi dengung dari ban mobil, sebaiknya segera cek ke bengkel untuk mengetahui sumber masalah. Jika kondisi ban sudah cukup parah, gantilah dengan ban yang baru. Hal ini penting, sebab ban merupakan salah satu komponen vital pada mobil yang tiap hari harus bergesekan langsung dengan medan.

  • Bearing Roda Aus

Baca Juga : Panduan Memilih Sepatu yang Aman untuk Riding

Penyebab utama bunyi bising pada komponen mobil biasanya berasal dari bagian yang bergesekan dan mulai aus. Tak terkecuali bunyi yang terjadi pada bearing roda. Bunyi dengung pada bearing roda bisa terdengar sangat nyaring dan mengganggu. Untuk bisa memperbaikinya secara sementara, Anda bisa dongkrak mobil Anda kemudian goyangkan setiap roda secara vertikal. Namun jika bunyi masih terdengar untuk waktu yang  cukup lama, Anda harus segera membawanya ke bengkel resmi Suzuki.

Jangan abaikan bunyi-bunyi mengganggu yang terdengar dari mobil Anda. Lakukan perawatan dan pemeriksaan mobil Anda hanya di bengkel resmi Suzuki. Booking jadwal servis Anda dengan klik halaman ini https://www.suzuki.co.id/services

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_37125637.jpg

Ini Bahaya Motor yang Melawan Arus

Berkendara sekarang ini merupakan suatu hal yang lumrah. Kini jalanan pun sudah banyak dipadati oleh kendaraan bermotor, terutama didominasi oleh sepeda motor. Saking banyaknya, ti...

selengkapnya