Tips & Trik

Cara Tepat Mencuci Mobil Hingga Membersihkan Ke Bagian Mesin

PUBLISHED DATE : 30 Oktober 2023

Cuci Mobil

Jika Anda merupakan pemilik mobil, maka tentunya ada berbagai perawatan yang sebaiknya diperhatikan. Salah satunya yaitu secara rutin melakukan cuci mobil, termasuk membersihkan bagian mesinnya.

Namun, mencucinya pun tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, ada berbagai langkah yang sebaiknya diperhatikan. Dengan begitu, maka mobil akan tampak bersih dan kinclong, serta berbagai komponennya tetap terjaga dan tidak terjadi kerusakan.

Cara Cuci Mobil yang Benar

Memiliki mobil yang bersih dan kinclong pasti menjadi harapan bagi setiap pemilik mobil. Maka dari itu, pembersihan pun perlu dilakukan secara rutin, supaya tidak ada kotoran atau debu membandel di mobil Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk cuci mobil, pastikan Anda mengetahui dan mengikutinya dengan benar:

  • Siapkan Perlengkapan

Sebelum mencuci, tentunya ada berbagai perlengkapan yang perlu disiapkan terlebih dahulu.  Siapkan selang air, ember, spons, kain microfiber, dan sabun atau sampo khusus untuk mencuci kendaraan mobil.

Supaya nantinya tidak perlu repot bolak-balik mengambil perlengkapan, maka sebaiknya Anda melengkapi semuanya sejak awal.

  • Bilas Mobil dengan Air Mengalir yang Bersih

Setelah menyiapkan perlengkapan, Anda bisa mulai langkah pertama cuci mobil, yaitu membilas mobil. Gunakan air mengalir yang bersih, manfaatkan selang air supaya lebih mudah untuk membilasnya.

Selain selang, jika Anda memiliki penyemprot yang memiliki tekanan tinggi, maka akan lebih baik lagi. Semprotan tersebut akan lebih efektif untuk membersihkan berbagai kotoran dan noda membandel.

Namun, dalam menyemprotkannya, jangan lakukan secara langsung dari arah depan. Sebaiknya, semprotlah dari samping, sehingga body mobil tidak lecet karena gesekan.

Baca Juga : Masalah Pada Mobil Yang Sering Kena Macet

Baik menggunakan selang maupun semprotan bertekanan, pastikan bahwa Anda membilas seluruh bagian body mobil. Namun, pastikan juga Anda sudah menutup semua kaca mobil, sehingga tidak ada air yang masuk ke kabin!

  • Gunakan Sabun Khusus

Bagi sebagian orang, mungkin saja sudah terbiasa mencuci kendaraan dengan menggunakan berbagai macam sabun yang tidak sesuai, atau detergen yang umum dipakai untuk mencuci baju.

Padahal, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan, karena tidak semua sabun atau pembersih memiliki pH yang cocok untuk bagian permukaan mobil.

Maka dari itu, pilihlah jenis sabun atau sampo yang memang khusus untuk cuci mobil. Sabun tersebut telah dibuat dengan memperhatikan kadar pH yang paling sesuai, sehingga pembersihan pun dapat dilakukan dengan efektif.

Campurkan sabun dan air ke dalam ember, lalu gunakan untuk menggosok berbagai bagian body mobil.

  • Mulai Gosok Mobil dari Bagian Atas

Umumnya, bagian bawah mobil akan lebih kotor jika dibandingkan bagian atasnya. Karena itu, sebaiknya Anda mulai menggosok body mobil dari bagian paling atas.

Ketika Anda mulai membersihkan bagian atas, maka sisa sabunnya akan turun ke bawah. Selanjutnya, sabun tersebut akan membantu melunakkan berbagai kotoran di bagian bawah mobil, terlebih di bagian kaki-kaki mobil.

Dalam proses cuci mobil, Anda dapat menggosok permukaan body dengan menggunakan spons yang lembut dan air sabun yang sudah disiapkan sebelumnya.

  • Lakukan Pembersihan Menyeluruh

cuci mobil

iStock

Setelah bagian atas sudah bersih, lanjutkan ke bagian bawahnya. Bagian bawah cenderung jauh lebih kotor karena sering terkena tanah, lumpur, debu, dan sebagainya.

Maka dari itu, pastikan semua dibersihkan dengan baik hingga mobil kembali kinclong dan nyaman digunakan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ban mobil serta berbagai bagian detail lainnya.

  • Manfaatkan Pembersih Khusus Jamur

Ketika Anda melihat sudah mulai muncul pertumbuhan jamur di permukaan mobil yang sulit dibersihkan, maka jangan digosok secara paksa untuk menghilangkannya. Hal tersebut dapat memberikan risiko kerusakan terhadap lapisan cat mobil.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda menggunakan pembersih khusus jamur. Pembersih sejenis itu dapat lebih menyerap ke bagian pori-pori dari permukaan mobil, sehingga jamur dapat dibasmi dari akarnya.

  • Bilas dengan Air Bersih

Ketika semua sudah dibersihkan dengan sabun, maka selanjutnya Anda bisa membilas mobil tersebut. Gunakan air bersih dan mengalir, supaya bisa menghilangkan semua sisa sabun di setiap bagiannya.

  • Keringkan Mobil dengan Kain Microfiber

Setelah dibilas, maka selanjutnya Anda perlu mengeringkannya. Dalam langkah ini, sebaiknya Anda memakai kain microfiber yang lembut untuk digunakan.

Dibandingkan memakai kanebo atau chamois, kain microfiber lebih aman dan memiliki daya serap yang kuat, sehingga tidak meninggalkan goresan.

Kain ini juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai bagian lainnya, misalnya bagian dashboard dan kaca mobil.

  • Jangan Buka Kaca Mobil jika Belum Kering Sempurna

Sebelum mobil benar-benar dalam keadaan kering, maka sebaiknya Anda jangan menurunkan atau membuka kaca mobil.

Jika Anda membukanya, maka bisa saja ada berbagai tetesan air yang masuk ke dalam mobil dan menimbulkan berbagai noda baru.

  • Bersihkan Bagian Mesin

Perlu diketahui bahwa tidak semua komponen mobil bisa dicuci seperti langkah-langkah di atas. Misalnya, untuk bagian mesin mobil yang memerlukan metode tersendiri karena tidak bisa secara langsung disiram dengan air.

Untuk sebagian komponen, jika langsung terkena air, bisa saja menimbulkan masalah kelistrikan. Hal ini selanjutnya bisa menimbulkan risiko bahaya, baik bagi kualitas komponennya maupun bagi pengguna mobil nantinya.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

Maka dari itu, untuk membersihkan bagian mesin mobil, Anda bisa memanfaatkan kain microfiber yang telah dibasahi dengan air. Gunakan air secukupnya, supaya tidak mengganggu berbagai komponen kelistrikan.

Anda dapat mencampurkan air bersih dengan cairan penghilang noda, supaya hasilnya lebih maksimal.

Selanjutnya, gosok bagian mesin mobil dengan lembut. Pastikan bahwa Anda melakukannya dengan hati-hari, jangan sampai menimbulkan goresan atau kerusakan di sana!

  • Lakukan Pencucian Mobil secara Rutin

Setelah mengetahui berbagai langkah di atas, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu sebaiknya Anda mencuci kendaraan secara rutin. Dengan pembersihan rutin, maka kebersihan dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, jika Anda tidak rajin mencuci kendaraan, maka berbagai kotoran yang menempel bisa saja menjadi lebih sulit dihilangkan. Hal tersebut juga bisa berdampak terhadap kondisi komponen mobil, sehingga sebaiknya dicegah.

Ketika mobil sudah tampak kotor, maka jangan tunda untuk mencucinya. Biasanya, mobil akan cepat kotor jika sudah memasuki musim hujan, atau ketika Anda sering melintas di area tanah atau berlumpur.

  • Hindari Cuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Hal lain yang sebaiknya diperhatikan yaitu usahakan untuk tidak mencuci kendaraan di bawah terik matahari secara langsung. Hal ini bisa memicu pertumbuhan jamur di berbagai bagian mobil.

Jika Anda tidak memiliki area yang tertutup atap, maka sebaiknya lakukan pencucian pada pagi atau sore hari, ketika sinar mataharinya tidak terlalu panas.

Itulah berbagai langkah dan tips yang bisa Anda lakukan ketika akan mencuci dan membersihkan mobil.

Dengan melakukan pencucian secara rutin, maka Anda dapat membuat mobil tetap bersih, kinclong, serta berbagai komponennya tetap terjaga dengan baik. Karena cara tersebut tergolong cukup mudah, maka Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Namun, jika ingin cuci mobil dengan lebih menyeluruh serta sekaligus melakukan berbagai perawatan dan pengecekan lainnya, maka Anda bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Suzuki. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai kebutuhan suku cadang asli!

Berita Lainnya

Helm

Resiko Helm yang Jarang Dicuci!

Ketika berbicara tentang keselamatan berkendara, seringkali helm dianggap sebagai pelindung fisik yang vital. Namun, pentingnya menjaga kebersihan helm seringkali terabaikan. Artik...

selengkapnya