Tips & Trik

Cara Tepat Mencuci Mobil Hingga Membersihkan Ke Bagian Mesin

PUBLISHED DATE : 30 Oktober 2023

Cuci Mobil

Dalam proses cuci mobil, Anda dapat menggosok permukaan body dengan menggunakan spons yang lembut dan air sabun yang sudah disiapkan sebelumnya.

  • Lakukan Pembersihan Menyeluruh

cuci mobil

iStock

Setelah bagian atas sudah bersih, lanjutkan ke bagian bawahnya. Bagian bawah cenderung jauh lebih kotor karena sering terkena tanah, lumpur, debu, dan sebagainya.

Maka dari itu, pastikan semua dibersihkan dengan baik hingga mobil kembali kinclong dan nyaman digunakan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ban mobil serta berbagai bagian detail lainnya.

  • Manfaatkan Pembersih Khusus Jamur

Ketika Anda melihat sudah mulai muncul pertumbuhan jamur di permukaan mobil yang sulit dibersihkan, maka jangan digosok secara paksa untuk menghilangkannya. Hal tersebut dapat memberikan risiko kerusakan terhadap lapisan cat mobil.

Baca Juga : Tips Perawatan Mesin Kapal Outboard (Mesin Tempel)

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda menggunakan pembersih khusus jamur. Pembersih sejenis itu dapat lebih menyerap ke bagian pori-pori dari permukaan mobil, sehingga jamur dapat dibasmi dari akarnya.

  • Bilas dengan Air Bersih

Ketika semua sudah dibersihkan dengan sabun, maka selanjutnya Anda bisa membilas mobil tersebut. Gunakan air bersih dan mengalir, supaya bisa menghilangkan semua sisa sabun di setiap bagiannya.

  • Keringkan Mobil dengan Kain Microfiber

Setelah dibilas, maka selanjutnya Anda perlu mengeringkannya. Dalam langkah ini, sebaiknya Anda memakai kain microfiber yang lembut untuk digunakan.

Dibandingkan memakai kanebo atau chamois, kain microfiber lebih aman dan memiliki daya serap yang kuat, sehingga tidak meninggalkan goresan.

Kain ini juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai bagian lainnya, misalnya bagian dashboard dan kaca mobil.

  • Jangan Buka Kaca Mobil jika Belum Kering Sempurna

Sebelum mobil benar-benar dalam keadaan kering, maka sebaiknya Anda jangan menurunkan atau membuka kaca mobil.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya