Tips & Trik

Cara Tepat Mencuci Mobil Hingga Membersihkan Ke Bagian Mesin

PUBLISHED DATE : 30 Oktober 2023

Cuci Mobil

Sebelum mencuci, tentunya ada berbagai perlengkapan yang perlu disiapkan terlebih dahulu.  Siapkan selang air, ember, spons, kain microfiber, dan sabun atau sampo khusus untuk mencuci kendaraan mobil.

Supaya nantinya tidak perlu repot bolak-balik mengambil perlengkapan, maka sebaiknya Anda melengkapi semuanya sejak awal.

  • Bilas Mobil dengan Air Mengalir yang Bersih

Setelah menyiapkan perlengkapan, Anda bisa mulai langkah pertama cuci mobil, yaitu membilas mobil. Gunakan air mengalir yang bersih, manfaatkan selang air supaya lebih mudah untuk membilasnya.

Selain selang, jika Anda memiliki penyemprot yang memiliki tekanan tinggi, maka akan lebih baik lagi. Semprotan tersebut akan lebih efektif untuk membersihkan berbagai kotoran dan noda membandel.

Namun, dalam menyemprotkannya, jangan lakukan secara langsung dari arah depan. Sebaiknya, semprotlah dari samping, sehingga body mobil tidak lecet karena gesekan.

Baik menggunakan selang maupun semprotan bertekanan, pastikan bahwa Anda membilas seluruh bagian body mobil. Namun, pastikan juga Anda sudah menutup semua kaca mobil, sehingga tidak ada air yang masuk ke kabin!

  • Gunakan Sabun Khusus

Baca Juga : Perbedaan Kapal dan Perahu

Bagi sebagian orang, mungkin saja sudah terbiasa mencuci kendaraan dengan menggunakan berbagai macam sabun yang tidak sesuai, atau detergen yang umum dipakai untuk mencuci baju.

Padahal, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan, karena tidak semua sabun atau pembersih memiliki pH yang cocok untuk bagian permukaan mobil.

Maka dari itu, pilihlah jenis sabun atau sampo yang memang khusus untuk cuci mobil. Sabun tersebut telah dibuat dengan memperhatikan kadar pH yang paling sesuai, sehingga pembersihan pun dapat dilakukan dengan efektif.

Campurkan sabun dan air ke dalam ember, lalu gunakan untuk menggosok berbagai bagian body mobil.

  • Mulai Gosok Mobil dari Bagian Atas

Umumnya, bagian bawah mobil akan lebih kotor jika dibandingkan bagian atasnya. Karena itu, sebaiknya Anda mulai menggosok body mobil dari bagian paling atas.

Ketika Anda mulai membersihkan bagian atas, maka sisa sabunnya akan turun ke bawah. Selanjutnya, sabun tersebut akan membantu melunakkan berbagai kotoran di bagian bawah mobil, terlebih di bagian kaki-kaki mobil.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya