Tips & Trik

Posisi Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Ideal

PUBLISHED DATE : 23 Agustus 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-July-Blog-26.jpg

Berkendara dengan sepeda motor Suzuki memang menyenangkan. Anda bisa dengan leluasa melibas jalanan yang macet dengan lincah dan gesit. Namun sayangnya banyak rider yang belum memahami bagaimana menjaga postur tubuh yang benar saat mengendarai sepeda motor. Padahal dengan mengetahui posisi tubuh yang ideal bisa membuat tubuh terhindar dari kelelahan saat berkendara dalam jarak jauh sekalipun. Bahkan saat berkendara dengan posisi tubuh yang ideal, berkendara jadi semakin aman dan nyaman.

Seperti apa cara menjaga postur tubuh selama berkendara? Ikuti tips ini untuk mengetahui posisi tubuh yang ideal demi menjaga keseimbangan dan kenyaman saat mengendarai sepeda motor Suzuki kesayangan Anda!

 

  • Genggam Tuas Stang Minimal Dengan 4 Jari 

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ganti Kaca Spion Motor! Ini Alasannya

 

Langkah pertama menjaga postur selama berkendara adalah menggenggam stang dengan cara yang benar, yaitu dengan keseluruhan jari. Standarnya pada jari yang wajib menggenggam stang harus berjumlah 4, karena ini sudah jadi standar keamanan saat berkendara. Hindari memegang stang dengan jari kurang dari 4 jari, hal ini dikarenakan bisa memicu kesalahan pada saat pengereman. Posisi jari tangan selalu mengepal pada stang dan jangan berada di rem saat berkendara, dua jari tangan yang stand by di rem depan bisa menyebabkan potensi bahaya karena putaran gas tidak tertutup dengan baik sehingga titik pengereman jadi lebih jauh. 

 

  • Tegakkan Tubuh Dan Rileks 

Baca Juga : Mengapa Suzuki Super Carry pick up adalah pilihan yang tepat untuk pengusaha UKM?

 

Usahakan menjaga tubuh tetap tegak dan rileks selama berkendara. Duduklah dengan tegak, jangan terlalu membungkuk atau memiringkan tubuh. Postur tubuh yang salah saat duduk berkendara bisa menyebabkan Anda jadi lebih lelah, selain itu posisi yang salah juga bisa mengakibatkan motor jadi tidak seimbang. Posisi duduk yang tegak adalah posisi terbaik untuk membelokkan stang dan bermanuver di perjalanan. 

 

  • Posisikan Pinggul Tepat Di Atas Jok Saat Duduk

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

 

Selain menjaga postur tubuh tetap tegak dan rileks, posisi duduk juga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Agar Anda tidak cepat lelah saat mengendarai sepeda motor, duduklah tepat di tengah jok sepeda motor. Jangan terlalu ke belakang atau ke depan. Carilah posisi ternyaman Anda saat duduk dan apabila merasa lelah saat di tengah perjalanan, Anda bisa mengangkat pinggul sebentar untuk membetulkan posisi duduk. 

 

  • Lengan Jangan Terlalu Lurus Saat Memegang Stang

 

Posisi lengan yang terlalu lurus dan tidak ada tekukan di siku akan membuat tangan Anda jadi sangat lelah. Karenanya, pastikan posisi lengan Anda tetap benar dengan sedikit menekuk siku sehingga posisi jadi lebih nyaman. Tekukan pada siku ini juga berfungsi sebagai suspensi sehingga memudahkan Anda untuk berbelok dan bermanuver saat di perjalanan.

 

  • Rapatkan Lutut Rapat Ke Arah Depan

 

Tak hanya posisi tubuh, posisi kaki yang benar juga mempengaruhi kenyamanan Anda saat mengendarai sepeda motor. Sesuai dengan peraturan safety riding, rapatkan kaki Anda dan pastikan tetap lurus ke arah depan agar kendaraan tetap seimbang dan tetap nyaman sepanjang perjalanan. Posisi ini bisa melindungi badan ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti terjatuh atau tergelincir.  

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya